Bos XL: Siapa yang Mau “Compete” Sama Alibaba?

Telset.id, Jakarta – XL Axiata diketahui telah melepas sahamnya di salah satu unit bisnisnya, Elevania. Hal itu disebabkan karena operator yang identik berwarna biru itu merasa dana yang akan dikeluarkan untuk membangun bisnis e-commerce terlalu besar.

“Bisnis seperti ini kan yang besar yang bakalan menang. Kalau kita terus disitu, maka akan dibutuhkan dana yang sangat besar. Sedangkan kita bergerak juga di industri yang membutuhkan investasi yang besar juga,” jelas Presiden Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini saat ditemui usai acara Gerakan Donasi Kuota di kantor XL, di Jakarta, Selasa (29/08/2017).

Lanjut menurutnya, uang yang besar tersebut digunakan untuk berbagai hal termasuk promosi, advertising dan lainnya yang dimaksudkan agar para pelanggan bisa mengakses atau minimal mengenal situs e-commerce tersebut.

“Istilahnya adalah bakar duit. Untuk tahap awal biasanya 5 tahun difokuskan untuk building. Namun dengan lebih banyaknya kompetisi, dana yang diperlukan akan tambah banyak,” katanya.

Menurut Dian, meskipun Elevania masuk ke jajaran tiga besar di e-commerce Indonesia, namun ia merasa kompetisi di dunia e-commerce akan semakin ketat karena berbagai pemain besar di industri e-commerce pun mulai masuk dengan memberikan investasi ke e-commerce asal Indonesia.

“Yang nomor satu saja jadi gede banget karena Alibaba. Siapa yang mau compete sama Alibaba?” ucap Dian.

[Baca juga: Investasi Rp14,7 Triliun di Tokopedia, Alibaba hanya Pemegang Saham Minoritas]

Selain Alibaba, Dian juga menyebutkan jika kabarnya e-commerce milik Jeff Bezos, Amazon pun akan masuk ke Indonesia, sehingga dipastikan persaingan e-commerce di Indonesia akan semakin ketat saja.

Sekedar informasi, Alibaba telah menjadi pemegang saham minoritas di Tokopedia karena telah mengucurkan dana sebesar $1,1 miliar atau sekitar Rp 14,7 triliun. Investasi itu sendiri akan digunakan oleh Tokopedia untuk meningkatkan skala dan kualitas pelayanan pihaknya kepada para pengguna, termasuk mempermudah para mitra serta penjual di Tokopedia untuk mengembangkan usahanya. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI