Bos Indosat: Konsolidasi Keharusan, kalau Cocok Kami Beli

Telset.id, Jakarta – Direktur Utama Indosat Ooredoo, Chris Kanter tidak menutup kemungkinan jika perusahaannya akan melakukan konsolidasi atau merger demi perkembangan Indosat. Chris mengatakan bahwa cepat atau lambat Indosat akan melakukan konsolidasi.

Chris juga mengatakan jika konsolidasi atau merger dengan operator seluler lain merupakan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan posisi Indosat di industri telekomunikasi Indonesia.

“Konsolidasi sudah menjadi keharusan, dan kami siap membeli apabila itu bagus. Kalau kita mau kokohkan ini semua cara kita,” ujar Chris Kanter saat acara perkenalan Dirut baru Indosat di Jakarta, Kamis (18/10/2018)

Sayangnya rencana konsolidasi itu belum dibicarakan lebih lanjut oleh pihak Ooredoo selaku induk usaha dari Indosat yang berada di Qatar.

Dia mengungkapkan, sebenarnya wacana merger sudah ada sejak dua tahun lalu. Ketika dirinya masih menjadi komisaris Indosat, pihak Ooredoo sudah mewacakan hal (konsolidasi) tersebut.

“Ini bukan baru kemarin dibicarakan, tapi sudah sejak dua tahun lalu. Ooredoo waktu itu pengen ngambil, tapi saya tidak tahu operator mana yang ingin diambil,” ungkap Chris.

Baca Juga : Ditunjuk Jadi Bos Baru Indosat, Siapa Chris Kanter?

Menurutnya, peluang konsolidasi memang besar, karena ia yakin pihak Qatar (Ooredoo) memiliki cukup uang jika ingin mengambil operator telekomunikasi lain, agar Indosat bisa naik ke posisi teratas di industri telekomunikasi.

“Qatar memiliki banyak uang dan akan lebih mudah untuk melakukannya. Tapi ini (upaya konsolidasi) belum ada pembicaraan sama sekali,” ucap Kanter.

Di kesempatan yang sama, Kanter juga menyinggung terkait strateginya dalam mengembangkan Indosat Ooredoo. Salah satu fokus yang akan dikembangkan oleh Chris adalah aspek people atau Sumber Daya Manusia (SDM).

Dirinya ingin Indosat diisi oleh orang-orang yang kompeten. Maka dari itu, dirinya akan berdiskusi dengan pihak Human Resources Departement (HRD) untuk membicarakan hal itu.

“Saya yakin dengan prinsip the right man in the right place, makanya saya akan ke HRD dulu untuk menunjukan itu,” imbuhnya.

Chris pun yakin jika Indosat memiliki potensi SDM yang bagus sehingga tinggal dilakukan arahan sedikit demi meningkatkan penjualan layanan Indosat di Indonesia.  “Harapan saya dengan didukung keluarga besar Indosat, me do become very strong number 2,” ucap Chris.

Seperti diketahui, rumor tentang rencana Indosat konsolidasi atau merger dengan operator lainnya memang sudah santer berhembus sejak lama. Kabarnya, operator yang identik dengan warna kuning ini sudah melakukan pendekatan dengan salah satu operator di Indonesia untuk melakukan merger.

Baca juga: Resmi! Chris Kanter Dirut Baru Indosat Ooredoo

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) telah menunjuk Chris Kanter sebagai Direktur Utama Indosat Ooredoo yang baru. Chris menggantikan Joy Wahjudi yang mundur dari jabatannya karena alasan pribadi.

Ada beberapa nama baru yang menempati susunan direksi baru Indosat. Untuk posisi Direktur Utama diisi oleh Chris Kanter, kemudian tiga direksi lainnya adalah Eyas Naif Assaf, Arief Musta’in, dan Haroon Shahul Hameed. Sementara satu direktur independent diisi oleh Irsyad Sahroni. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here