Bluetooth 5 Membawa Kecepatan 2x dan Jangkauan 4x

Telset.id, Jakarta – Bluetooth Special Interest Group (SIG) sedang menggarap Bluetooth 5. Perusahaan ini dikabarkan telah menyelesaikan spesifikasi  dari Bluetooth 5 dan dalam waktu dekat akan memperkenalkan  Bluetooth 5  untuk dimanfaatkan oleh pembuat perangkat pintar di seluruh dunia.

Tentunya perangkat ini memiliki kelbihan dibandinkan seri sebelumnya. SIG mengatakan, Bluetooth 5 hadir dengan bandwidth 2X, 4X jangkauan, dan 8X kapasitas pesan siaran jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni  Bluetooth 4.2.

Untuk spesifikasi kecepatannya akan memiliki kecepatan maksimum sekarang 2Mbps, naik dari 1Mbps. Bandwidth tersebut akan turun jika digunakan untuk jangkauan yang lebih jauh sambil mempertahankan kebutuhan daya yang rendah.

Bluetooth 5 mendukung paket besar data dibandingkan pendahulunya, bekerja dengan paket 255-oktet, bukan yang 31-oktet. Ini berarti lebih efisien penggunaan band 2.4GHz, dengan waktu pairing  dan transfer yang sangat cepat.

Bagi perusahaan pembuat ponsel dapat menggunakan Bluetooth 5 untuk  mendeteksi gangguan pada bandwith dan secara otomatis mencegah terjadinya gangguan yang akan terjadi. Seperti yang Anda harapkan, Bluetooth 5 kompatibel dengan pendahulunya.

Untuk perangkat energi yang rendah ini berarti turun ke Bluetooth 4.0 LE, dan untuk semua yang lain interoperabilitas yang kembali ke 1.1 spec. Perangkat tambahan dari Bluetooth 5 fokus membawa fungsionalitas yang lebih baik ke Internet-of-Atraksi (IOT). (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here