Home NEWS TELKO Blibli.com Berikan ‘Resep’ Sukses Jalani Bisnis E-Commerce

Blibli.com Berikan ‘Resep’ Sukses Jalani Bisnis E-Commerce

Suasana di gudang barang Blibli.com di Cawang Jakarta (Foto:Blibli.com)

Telset.id, Jakarta – Setelah merintis usahanya sejak lima tahun silam, Blibli.com kini telah menjelma menjadi salah satu online shopping terbesar di Indonesia. Untuk meraihnya tentunya saja bukan perkara yang mudah. Blibli.com menyebut ada “dua modal” utama yang membuat mereka bisa meraih sukses seperti sekarang. Apa itu?

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto mengatakan bahwa e-commerce tak hanya sekadar berjualan secara online, melainkan tentang bagaimana membuat ekosistem yang aman dan nyaman untuk seluruh stake holder belanja online.

Ia menyebutkan ada dua modal utama yang dimiliki Blibli.com hingga mereka dapat dipercaya pelanggan dan meraih sukses menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia seperti saat ini.

Dua modal itu adalah sistem pergudangan modern dan layanan ekspedisi Blibli express. Kedua hal itulah yang menjadi modal Blibli.com untuk terus menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu online shopping terbesar di Tanah Air.

“Untuk itu, kami fokus menghadirkan value ke dalam e-commerce,” kata Kusumo dalam acara buka puasa bersama media yang berlangsung di Warehouse Blibli.com di Cawang, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Tak mengherankan, jika Blibli.com selalu mengedepankan “kenyamanan” dalam menjalankan usahanya, bahkan sejak situs jual beli online ini pertama kali didirikan pada tahun 2011 silam.

Mulai dari membangun e-commerce dengan platform yang mudah dan nyaman di akses lewat berbagai jenis perangkat, memberikan layanan 24/7 untuk para pelanggan, hingga menghadirkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan beragam jenis kebutuhan.

“Intinya ada tiga faktor yang harus diperhatikan saat ingin membangun e-commerce, yakni accesibility, service dan relevancy,” terang Kusumo.

Blibli.com juga serius dalam membangun ekosistem e-commerce dalam upayanya menghadirkan end-to-end solution bagi para online shoppers. Dan itu dilakukan tidak hanya sekadar pada front end solution, tapi juga back-end-nya.

“Kami percaya bahwa jaminan kualitas harus didukung sistem terintegrasi, mulai dari sistem manajemen di gudang penyimpanan, manajemen stock, sistem quality control, proses packaging (pengemasan), hingga pengiriman barang yang tepat waktu,” lanjutnya.

Hingga saat ini, Blibli.com melengkapi diri dengan tiga warehouse atau gudang penyimpanan barang yang ketiganya berlokasi di Jakarta, yakni di Cawang, Cakung, dan Batu Ceper, dengan total area seluas 16.000 m2.

Ke depan, Blibli.com juga akan menambah 6 gudang lagi dengan total area seluas 200.000 m2, lengkap dengan 200 fullfilment center. Adapun lokasinya tersebar antara Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.

“Di sini (gudang), semua proses dilakukan menggunakan perangkat digital yang terintegrasi dengan sistem. Sehingga lebih efisien dan almost zero mistake,” tutup Kusumo. [IF/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version