BlackBerry Tuntut Facebook dkk, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – BlackBerry melayangkan tuntutan kepada semua layanan milik Facebook, seperti WhatsApp dan Instagram. Perusahaan asal Kanada itu mengklaim, Facebook telah melanggar tujuh hak paten yang dimiliki BlackBerry.

BlackBerry menyatakan bahwa Facebook dan semua layanan chatting-nya (WhatsApp dan Instagram) telah membuat aplikasi messaging yang melanggar paten mereka.

Pelanggaran hak paten yang dimaksud itu seperti, paten keamanan, fitur antarmuka pengguna, status efisiensi baterai, hingga integrasi antara aplikasi chatting dengan layanan game.

[Baca juga: Snapchat Berpotensi Gerus Pengguna Facebook di AS]

“BlackBerry memandang Facebook, Instagram, dan WhatsApp dapat bekerjasama untuk masa depan konektivitas yang lebih aman, dan kami terus membukakan pintu untuk mereka,” jelas BlackBerry, seperti dikutip dari Variety, Rabu (07/03/2018).

“Namun kami memiliki pendapat kuat bahwa Facebook telah melanggar hak kekayaan intelektual kami dan setelah beberapa tahun mendiskusikannya, kami juga memiliki komitmen kepada pemegang saham untuk mendapatkan solusi hukum yang sesuai,” sambung BlackBerry.

Karena tuntutan itu, BlackBerry akhirnya meminta ganti rugi sejumlah uang yang tak disebutkan nominalnya yang telah diajukan pada hari Selasa (06/03/3018) di sebuah pengadilan federal California, Amerika Serikat. Termasuk cara untuk “mematikan” aplikasi Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

[Baca juga: Advokat Anak Minta Facebook Tarik Messenger Kids]

“Fitur-fitur ini, semua diciptakan oleh BlackBerry, ini adalah “pertaruhan’ untuk layanan messaging modern dan jejaring sosial di platform mobile,” klaim BlackBerry. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here