BlackBerry Bikin Ponsel Android di India

Telset.id, Jakarta – Untuk pasar Amerika dan Eropa, BlackBerry tak lagi perkasa, karena kini ponsel pintar buatan Kanada itu telah memasuki “senja kala”. Tak heran, BlackBerry kini lebih aktif mengais pasarnya di kawasan Asia. Setelah sebelumnya China dan Indonesia, kini BlackBerry memilih India sebagai tempat memproduksi ponselnya.

BlackBerry memang sudah tak terlalu bernafsu untuk bermain di pasar hardware sebagai produsen ponsel, dan lebih memilih untuk menekuni bisnis software dan keamanan. Meski begitu, BlackBerry sebenarnya tidak sepenuhnya keluar dari pasar smartphone.

Pabrikan asal Kanada ini memang sudah ‘ogah’ memproduksi sendiri perangkat smartphone-nya. BlackBerry kini banyak melakukan kemitraan linsensi dengan berbagai perusahaan, untuk merakit dan memasarkan produk dengan brand BlackBerry.

Sebelumnya BlackBerry telah menggandeng TCL Communication dari China dan TiPhone asal Indonesia untuk memproduksi BB Merah Putih. Tak berhenti sampai disitu, BlackBerry hari ini kembali mengumumkan kemitraan lisensi mereka dengan perusahaan asal India bernama Optiemus Infracom.

“India adalah pasar yang sangat penting bagi BlackBerry. Kemitraan linsensi ini akan memperluas pengalaman software BlackBerry untuk lebih banyak pelanggan dan mendukung program pemerintah ‘make in India’,” ujar BlackBerry Senior Vice President, General Manager, Mobility Solutions, Alex Thurber.

Dengan kesepakatan ini, Optiemus Infracom akan memegang lisensi perangkat lunak, layanan keamanan suite, dan aset merek. Selanjutnya Optiemus Infracom yang akan mendesain, memproduksi, dan menjual perangkat smartphone Android dengan merek BlackBerry.

Nantinya, BlackBerry “Made in India” ini akan dijual untuk pasar India, Sri Lanka, Nepal, dan Bangladesh. Meski tak memproduksi dan ikut menjual, namun BlackBerry masih akan terus mengontrol dan mengembangkan solusi keamanan dan software BlackBerry, termasuk memberikan update pembaruan keamanan ponsel.

Optiemus Infracom sendiri bukanlah perusahaan yang asing bagi BlackBerry. Pabrikan asal India ini sebelumnya juga sudah menjalin kerjasama dengan BlackBerry sebagai perusahaan yang mendistribusikan BlackBerry DTEK50 dan DTEK60 di Negeri Bollywood itu.[HBS]

 

 

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI