Bill Gates Ungkap Obrolan Terakhirnya dengan Steve Jobs

Jakarta – Bill Gates dan Steve Jobs merupakan dua tokoh paling berpengaruh di dunia teknologi dalam 20 tahun terakhir. Walaupun keduanya bersaing dalam membesarkan perusahaannya, namun kedua tokoh genius ini ternyata saling menghormati.

Dalam sebuah wawancara di acara ‘60 Minutes’ yang disiarkan stasiun televisi CBS belum lama ini, Bill Gates menceritakan pertemuan terakhirnya dengan sang legenda Apple mendiang Steve Jobs.

Pendiri Microsoft ini terakhir kali bertemu dengan Jobs di kediamannya pada bulan Mei 2011. Gates menceritakan pada saat pertemuan terakhirnya itu, mereka berbicara seputar apa yang mereka pelajari selama ini dan tentang nilai keluarga. Gates mengatakan bahwa dirinya dan Jobs tumbuh dan besar bersama-sama.

“Dia (Jobs) sama sekali tidak bersikap memelas seperti ‘wah saya sudah ditipu.’ Tatapan matanya sangat jelas, seperti ‘wah, kita belum bisa meningkatkan pendidikan dengan teknologi, bagaimana pendapatmu?” kata Gates dengan raut wajah sedih menirukan ucapan sahabatnya itu.

Gates menuturkan, dirinya dan Jobs saat itu sepakat bahwa sebenarnya mereka kecewa karena masih banyak teknologi yang mereka ciptakan gagal dimanfaatkan untuk meningkatkan beberapa bidang lain, seperti kesehatan dan juga hukum.

Di tengah percakapan mereka yang serius itu, Jobs masih sempat berbicara hal-hal yang santai dan menyampaikan keinginannya yang belum kesampaian. Ya, sekalipun tengah sakit parah, Jobs tampak masih sangat antusias dengan rencana pembuatan Yacht alumunium seluas 80 meter miliknya.

Gates mengungkapkan bahwa Jobs sangat berkeinginan untuk bisa menaiki Yacht buatannya itu kelak. Namun seperti yang semua tahu, Jobs akhirnya tidak bisa mewujudkan impiannya itu karena akhirnya wafat akibat kanker hati yang dideritanya.

Dalam wawancara yang dipandu Charlie Rose itu, Gates juga menyinggung tablet Microsoft, dimana dengan tegas ia mengatakan Microsoft yang membuat perangkat tablet pertama jauh sebelum iPad. Namun ia mengakui bahwa Apple adalah yang pertama benar-benar membuka potensi pemasaran tablet.

Milyuner dermawan ini juga berbicara tentang yayasan amal yang dikelola bersama istrinya Melinda dalam ‘Bill and Melinda Gates Foundation’. Yayasan ini bertujuan memberantas penyakit seperti polio dan malaria yang mempengaruhi milyaran orang, sebagian besar di negara-negara miskin.

Berikut ini video wawancara Bill Gates secara penuh pada acara ‘60 Minutes’ di stasiun televisi CBS yang telsetNews kutip dari The Verge, Selasa (14/5):

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=YkciOxkUOxQ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here