The Big Start Indonesia, Ajang Pencarian Pengusaha Kreatif ala Blibli.com

Telset.id, Jakarta – Momentum ulang tahun dimanfaatkan Blibli.com untuk memperkenalkan The Big Start Indonesia, sebuah web series kompetisi pertama yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik. Didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), kompetisi digital ini menargetkan para pengusaha kreatif lokal yang tak hanya kreatif, tetapi juga inovatif, unik serta memproduksi karya mereka sendiri dan telah memasarkannya sebagai peserta.

Kampanye The Big Start Indonesia sendiri merupakan salah satu bentuk dari komitmen Blibli.com dan BEKRAF untuk mendorong generasi muda agar terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis mereka. Pasalnya, tak terhitung generasi muda Indonesia saat ini yang kreatif dan inovatif yang membangun bisnis sendiri dengan hasil karya yang unik dan berkualitas.

“Bisnis ini mereka jalani dari awal, dari hanya mempromosikannya ke orang-orang terdekat mereka sendiri hingga menggunakan sosial media. Blibli.com melihat ini sebagai sebuah tren yang harus didukung dan tren ini sesuai dengan komitmen kami yang ingin memberdayakan para pengusaha kreatif ini dengan memberikan dukungan agar mereka bisa semakin maju dan produk mereka bisa dipasarkan lebih luas lagi,” kata Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com melalui keterangan resmi, Senin (25/7).

Dalam kompetisi ini, para pengusaha kreatif yang mendaftarkan produknya berkesempatan untuk memenangkan total modal usaha sebesar Rp 1 miliar, disamping mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli, mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi dan networking, sefrta tentu saja didaftarkan mereknya untuk mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

BEKRAF, dalam hal ini akan bertindak sebagai badan yang akan memberikan sertifikat HKI tersebut kepada dua puluh orang finalis yang terpilih untuk masuk ke masa karantina.

“Dengan kompetisi seperti ini, para pengusaha kreatif mendapat kesempatan untuk menunjukkan produk terbaik mereka, mendapatkan bimbingan langsung dari ahli bisnis, perlindungan kekayaan intelektual dan berkesempatan untuk memasarkan bisnis mereka ke tahap selanjutnya. Hal ini sejalan dengan visi kami yang ingin selalu mendukung pengusaha kreatif Indonesia,” ungkap Triawan Munaf, Kepala BEKRAF terkait kerjasamanya dengan Blibli.com.

Selain Triawan Munaf, yang juga akan menjadi salah satu juri dalam kompetisi ini, dua puluh orang finalis yang terpilih masuk masa karantina akan dibimbing oleh para mentor lainnya, seperti; Daniel Mananta, Founder dan CEO Damn! I Love Indonesia, Stephanie Yoe, Babson Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, dan Henry C. Widjaja, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Pendaftaran The Big Start Indonesia, yang juga didukung oleh beberapa partner termasuk Djarum Foundation, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Podomoro University, Google, Facebook. YouTube, dan Instagram ini telah dibuka sejak awal bulan Juni 2016 lalu, dan akan berakhir pada 10 Agustus 2016.

“Kami harap, The Big Start Indonesia akan menjadi pemicu lahirnya pengusaha kreatif baru di Indonesia,” pungkas Kusumo Martanto.

Blibli.com sendiri, sebagai sebuah mall online sebenarnya telah jauh-jauh hari menunjukkan dukungannya kepada pengusaha kreatif lokal. Terbukti dengan adanya 1 kategori khusus untuk produk lokal, dari total 15 kategori yang ada di situs tersebut, yakni Galeri Indonesia. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI