Berapa Kecepatan Internet 4,5G Telkomsel di Bandung?

Telset.id, Bandung – Setelah sebelumnya di Jakarta, operator seluler Telkomsel mulai menggelar uji coba jaringan Internet cepat 4.5G di Kota Kembang Bandung. Lantas, berapa kecepatan yang bisa berhasil dicapai dalam uji coba tersebut?

Dalam pengujian tersebut, Telkomsel memilih lokasi di GraPARI Jalan Banda, Bandung. Dari hasil ujicoba itu, kecepatan download mencapai 280 Mbps, sementara untuk upload 276 Mbps.

“Ini kecepatannya harusnya bisa mencapai 300 Mbps. Sebelumnya saat uji coba di Pondok Indah, Jakarta, kita bisa mencapai kecepatan 1,1 Gbps,” ujar Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Yetty Kusumawati.

[Baca juga: Kecepatan Internet 4,5G Telkomsel Tembus 1 Gbps]

Ia mengatakan, saat ini pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband dengan teknologi 4,5G di 11 GraPARI yang ada di Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

“Penerapan teknologi 4.5G kali ini di kota Bandung dan uji coba teknologi seluler 1 Gbps yang kami lakukan baru-baru ini di Jakarta merupakan tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G di Indonesia,” terangnya.

Ia menyebutkan bahwa teknologi 4.5G yang diimplementasikan Telkomsel memanfaatkan teknologi Long Term Evolution (LTE) di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz yang dikombinasikan dengan teknologi 4X4 MIMO.

Telkomsel mengklaim penggabungan teknologi tersebut menghasilkan akses data melalui teknologi 4.5G lebih cepat hingga dua kali lipat daripada teknologi 4G, serta latensi yang sangat rendah, kurang dari 10 milidetik dibandingkan teknologi 4G.

Untuk implementasi teknologi jaringan 4.5G Telkomsel didukung didukung jaringan fiber optic terdepan dari PT Telkom Indonesia dan bekerja sama Huawei, Ericsson, Nokia, dan ZTE sebagai mitra penyedia jaringan.

Telkomsel menggandeng Huawei sebagai mitra penyedia teknologi dan jaringan untuk menggelar layanan 4,5G di 9 kota di Indonesia. Saat ini, device 4.5G sudah mulai dipasarkan di Indonesia namun masih dalam jumlah terbatas.

[Baca juga: 9 Kota Ini Sudah Bisa Nikmati Layanan 4,5G dari Telkomsel]

Wilayah operasional Jabotabek dan Jabar merupakan potensi terbesar bagi Telkomsel untuk mengembangan teknologi dan produk terbaru, terutama di kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

“Di Jakarta dan Bandung, masyarakatnya umumnya sudah lebih terbuka untuk mengadopsi layanan-layanan berbasis broadband dan konten digital terdepan,” tutur Yetty.

Saat ini, Telkomsel telah membangun lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G) yang melayani lebih dari 12 juta pelanggan 4G LTE di lebih dari 180 kota kabupaten di Indonesia, termasuk 34 kota yang berada di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar.[HBS]

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here