Bareng Helios, Samsung Tawarkan Solusi Enterprise Mobility Pakai Samsung Knox

Solusi Enterprise Mobility
Helios bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan Solusi Enterprise Mobility dengan manfaatkan Samsung Knox. (Faisal/telset.id)

Telset.id, Jakarta – Perlu diakui jika teknologi pada perangkat mobile sekarang ini terus berkembang dengan sangat cepat. Oleh karenanya, perangkat mobile seperti smartphone, tablet, atau bahkan perangkat wearable tidak hanya digunakan penggunanya untuk kegiatan yang bersifat pribadi tapi juga dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan atau korporasi sebagai penggerak bisnis mereka seperti customer experience, produktivitas hingga mengurangi biaya operasional.

“Survei yang dilakukan PwC yang diikuti 1.322 CEO dari 77 negara menyatakan penggunaan mobile devices sangat penting dalam urusan bisnis mereka dengan persentasi 81%,” ujar Deddy Sudja, Presiden Direktur Helios di Jakarta, Kamis (23/02/2017).

Oleh karena itu, bersama Samsung, Helios yang merupakan anak perusahaan CTI Group ini menawarkan sebuah solusi enterprise mobility dengan memanfaatkan Samsung Knox. Jadi nantinya Helios akan menawarkan smartphone, tablet serta perangkat wearable seperti smartwatch yang disematkan Samsung Knox versi enterprise yang memberikan keamanan terintegrasi dari level aplikasi hingga hardware.

“Knox bisa berikan keamanan sampai ke level hardware,” pungkas Deddy.

Menurutnya nanti karyawan perusahaan yang menggunakan solusi enterprise mobility ini seolah akan mendapatkan perangkat dengan dua kontainer yang terpisah yakni sebagai perangkat pribadi dan juga perangkat bekerja. Khusus untuk perangkat bekerja, nantinya perusahaan berhak untuk menerapkan aplikasi yang telah dikustomisasi oleh perusahaan dan menerapkan batasan berbagai fitur yang ada di smartphone tersebut untuk tujuan keamanan.

“Misalnya ketika sedang dalam mode pekerjaan dan menemui data penting yang bersifat rahasia, ketika karyawan itu ingin mencoba mengambil screenshot, fitur tersebut sama sekali tidak berfungsi karena sebelumnya Samsung Knox di mode ini sudah memberikan beberapa batasan pada pengaturan tertentu,” jelas Deddy.

Di kesempatan yang sama, IT and Mobile B2B Goup Head Samsung Electronics Indonesia, Roy Nugroho juga mengatakan dengan adanya kerjasama antara pihaknya dengan Helios, sebenarnya bertujuan ingin menyadarkan para konsumen jika sisi keamanan pada perangkat mobile itu sangatlah penting.

“Kami memahami bahwa keamanan data merupakan hal yang sangat penting bagi semua perusahaan di era digital,” katanya.

Saat disinggung perusahaan Indonesia mana saja yang sudah menerapkan solusi ini, Roy hanya mengatakan ciri-ciri dari perusahaan ini saja. “Perusahaan banking sudah ada yang pakai, perusahaan transportasi taksi berwarna biru juga sudah pakai sistem ini,” jelas Roy. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here