Apple Tendang Qualcomm Demi Intel?

Telset.id, Jakarta – Analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo memberikan laporan yang cukup mengejutkan terutama bagi Qualcomm. Laporan ini sendiri dikirimkannya kepada kepada investor Apple terkait pengiriman modem LTE untuk iPhone 2018.

Dalam laporannya, Kuo mengatakan Apple akan segera menggantikan chipset modem buatan Qualcomm dengan chipset Intel XMM 7560 yang mendukung jaringan GSM dan CDMA bagi iPhone 2018.

“Kami berharap Intel menjadi pemasok chip baseband ekslusif untuk iPhone 2018. Sementara QUalcomm mungkin tidak memiliki bagian sama sekali,” katanya seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (06/02/2018).

[Baca juga: Qualcomm Larang Apple Jualan iPhone di China]

Ditendangnya Qualcomm oleh Apple dari pemasok utama chipset modem mereka merupakan langkah yang tepat bagi Apple serta dapat memberikan tekanan bagi Qualcomm.

Seperti diketahui, keduanya kini tengah menjalani proses hukum akibat masalah hak paten. Apple menuding Qualcomm telah menyontek paten teknologi mereka yang ditanamkan di prosesor Snapdragon 800 dan 820. Sementara Qualcomm juga menuntut Apple karena mereka telah menggunakan paten untuk teknologi bernama Force Touch di perangkat iPhone.

[Baca juga: Apple Klaim Prosesor Snapdragon Qualcomm Langgar Paten]

Qualcomm sendiri saat ini telah mengalami penurunan nilai saham akibat kabar digantikannya mereka oleh Intel. Saham Qualcomm kini turun 4,3 persen menjadi USD 63,20 (Rp 859 ribuan), sehingga membuat perusahaan chipset ini berada di posisi yang sulit karena tengah berada dalam negoisasi akuisisi yang diajukan Broadcom.

Jika ramalan Kuo benar-benar terjadi, maka perangkat iPhone 2018 akan mendukung teknologi 4×4 MIMO yang miliki kecepatan LTE lebih cepat asalkan Apple meningkatkan desain antena pada iPhone generasi selanjutnya. (FHP)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI