Apple Tak Berkutik Hadapi Pendekar China

Telset.id, Jakarta – Sebagai pasar smartphone terbesar di dunia, China menjadi incaran utama semua pabrikan ponsel di dunia untuk memasarkan produknya. Menariknya, secara global memang Samsung dan Apple masih menguasai pasar, namun tidak untuk China. Para pemain lokal justru semakin menguasai pasar, dan Oppo kini menjadi juaranya.

Bukan Samsung atau Apple, tapi Oppo yang kini berhak menyandang merek nomor satu di China. Pencapaian ini merupakan yang pertama kalinya pada bulan Juni mengungguli Huawei, Apple dan Xiaomi.

Menurut penelitian terbaru dari Counterpoint, Oppo memimpin pasar dengan menguasao 23% pangsa pasar China, dengan volume penjualan naik besar-besaran 337% per tahun. Posisi kedua ditempati Huawei dengan 17,4% dan Vivo berada diposisi ketiga dengan 12%.

Vivo bersama Oppo menjadi dua merek lokal yang mampu menunjukkan hasil kinerja penjualan yang kuat, dengan peluncuran Xplay 5 dan permintaan untuk seri X6-nya. Kedua merek ini bersama-sama mengambil sepertiga dari pasar smartphone China.

Market share smartphone di China Juni 2016

Sementara Apple nampaknya benar-benar dibuat tak berkutik dengan para pemain-pemain lokal. Pangsa pasar Apple merosot dengan hanya kebagian 9% saja. Sementara Xiaomi, yang sempat digadang-gadang sebagai rising star justru mengalami penurunan terburuk sepanjang sejarah perusahaan tersebut dengan hanya menguasai 6,8% pasar, bersama Samsung.

Mengomentari meroketnya pertumbuhan Oppo, Direktur Riset Neil Shah, mencatat bahwa Oppo telah mengadopsi strategi sederhana tapi efektif, yakni berhasil menguasai pasar secara offline yang masih memberikan kontribusi lebih dari 70% dari total penjualan di China.

“Pemasaran yang agresif, promosi dan sponsorship, lebih mengutamakan penjualan secara offline dengan penetrasi ritel melampaui tier-2 dan tier-3 di kawasa kota, margin ritel yang lebih baik, dukungan dealer, desain smartphone yang inovatif, telah membantu Oppo mendorong penjualan dalam delapan belas bulan terakhir,” kata Shah.

Market share model smartphone di China Juni 2016

Dengan fokus utama pada desain dan fitur utama seperti kamera, teknologi baterai, dan material premium, telah membantu Oppo mempertahankan keunggulan atas para pesaingnya dan merebut hati konsumen, terutama kelompok usia di bawah 25 tahun. Oppo R9 dan R9 Plus menjadi model terlaris produk smartphone Oppo pada akhir kuartal di bulan Juni.

Para pabarikan smartphone asal China semakin unjuk gigi dikandang mereka sendiri, dengan menguasai lebih dari 84% dari total pasar smartphone China. Bahkan dominasi mereka semakin luas, karena kini tak hanya bermain di segmen menengah bawah.

Tiga serangkai Oppo, Huawei dan Vivo kini memperluas pasarnya dengan masuk ke segmen premium dengan model andalan mereka seperti Huawei P9, Oppo R9 Plus dan Vivo Xplay 5. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0