telset

Apple Akuisisi Startup untuk Kembangkan Kacamata Pintar AR

Telset.id, Jakarta – Sejak dulu, Apple percaya bahwa augmented reality (AR) bisa lebih hebat ketimbang virtual reality (VR). Untuk membuktikannya, Apple akan mengembangkan kacamata pintar AR.

Guna mewujudkannya, Apple mengakuisisi startup yang fokus kepada pembuatan lensa untuk kacamata AR. Apple telah mengonfirmasi langkah perusahaan membeli kepemilikan Akonia Holographics.

“Apple tak berhenti membeli perusahaan kecil meski tidak pernah membahas tujuan atau rencana yang akan dilakukan,” jelas pihak Apple, seperti dikutip Telset.id dari The Verge, Kamis (30/8/2018).

Apple memangmemiliki sejarah membeli perusahaan kecil untuk mengadopsi produknya. Apple lalu menerapkannya di berbagai perangkat. Pada 2013, Apple PrimeSense yang membuat sensor tiga dimensi.

Teknologi sensor tiga dimensi itu muncul di  iPhone X. Sensor tersebut berfungsi untuk menghasilkan fitur pengenal wajah, yang tanpa diduga menjadi inovasi luar biasa dan diikuti oleh produsen lain.

Menurut situs resmi, Akonia membuat teknologi layar yang memungkinkan lensa kaca tipis transparan menampilkan gambar di bidang luas. Akonia memiliki portofolio lebih dari 200 paten terkait sistem holografik.

Pertengahan Agustus 2018 lalu, Apple dikabarkan sedang mengembangkan kacamata pintar dengan teknologi AR. Hal itu diungkapkan oleh analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo.

Menurutnya, kacamata pintar Apple kemungkinan besar rilis pada 2020 mendatang. Kuo memang tidak menjelaskan lebih lanjut. Namun, ia menyebut, perangkat itu bisa menjadi pasar potensial bagi Apple.

“Saya percaya Apple membawa kacamata pintar AR ke tahap berikutnya dengan menggabungkan dunia digital dan fisik. Saya menilai, AR merupakan generasi UI yang revolusioner,” paparnya.

Saat meluncurkan kacamata pintar berbasis AR nanti, Apple digadang mampu menyaingi Google yang juga memproduksi kacamata pintar sendiri. Sebelumnya, Kuo membeberkan rencana Apple lainnya di industri otomotif. (SN/HBS)

Sumber: The Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0