Home NEWS TELKO Aplikasi E-Health SIMPATI dari Telkomsel Cegah Stunting di Sumedang

Aplikasi E-Health SIMPATI dari Telkomsel Cegah Stunting di Sumedang

Telset.id, Jakarta – Pemkab Sumedang bersama Telkomsel merilis aplikasi Sistem Pencegahan Stunting Terintegrasi atau SIMPATI. Aplikasi ini bertujuan untuk mencegah fenomena kurang gizi atau stunting di Sumedang.

Menurut Direktur Human Capital Management Telkomsel, R Muharam Perbawamukti, aplikasi E-Health SIMPATI ini merupakan wujud nyata dalam mendukung transformasi digital pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang.

{Baca juga: 6.050 Menara BTS Telkomsel Kini Resmi Milik Mitratel}

“Telkomsel berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem gaya hidup digital di Indonesia melalui pengembangan konsep Device-Network-Application (DNA) yang dapat menghadirkan kontribusi berdampak positif bagi kemajuan bangsa,” kata Muharam.

“Salah satunya dengan menghadirkan platform E-Health SIMPATI, yang merupakan salah satu bentuk nyata dukungan Telkomsel melalui program CSR sebagai upaya transformasi digital layanan operasional posyandu dan puskesmas di Sumedang,” sambungnya.

Fungsi SIMPATI dari Telkomsel dan Pemkab Sumedang

Dari keterangan resmi yang diterima Telset pada Minggu (28/2/2021), aplikasi SIMPATI dari Telkomsel dan Pemkab Sumedang merupakan sistem informasi terpadu yang telah terintegrasi dengan sistem Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang.

SIMPATI dapat digunakan untuk melakukan pendataan, pencatatan riwayat pemeriksaan ibu hamil dan anak, serta memberikan wawasan terkait status gizi anak untuk melakukan pencegahan stunting di Kabupaten Sumedang.

“Kami berharap dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam menekan angka prevalensi stunting di setiap tahunnya, guna mewujudkan tujuan bersama yaitu keluarga yang lebih sehat dan produktif,” ujar Muharam.

{Baca juga: Susunan Komisaris dan Direksi Baru Telkomsel, Wishnutama Jadi Komut}

Guna memberikan dukungan tambahan dalam percepatan pemanfaatan platform layanan digital e-Health SIMPATI, Telkomsel juga menyerahkan bantuan perangkat pendukung berupa 300 unit gawai dan 1.700 paket layanan data KartuHALO TeamPlan untuk Kabupaten Sumedang.

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu kenyamanan pemenuhan operasional komunikasi para kader posyandu dan puskesmas di Kabupaten Sumedang.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan bantuan pemasangan alat body thermal sensor berbasis teknologi Internet of Things (IoT) untuk diimplementasikan di kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang.

Telkomsel turut menghadirkan paket layanan khusus untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumedang.

Para ASN akan mendapatkan kemudahan dalam penyediaan paket internet dan kuota conference dengan harga terjangkau untuk mendukung aktivitas operasional pemerintah Kabupaten Sumedang.

Dukungan Telkomsel sendiri mendapat apresiasi dari Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir. Dony sangat mengapresiasi upaya Telkomsel dalam mendukung pemerintah Sumedang dalam melakukan transformasi digital seperti menghadirkan aplikasi Simpati.

“Pemerintah Kabupaten Sumedang sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Telkomsel selama ini atas bantuan dan dukungan terhadap proses transformasi digital di Kabupaten Sumedang,” jelas Dony Ahmad.

Hadirnya sistem E-Health SIMPATI dari Telkomsel dan Pemkab Sumedang juga disambut baik oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

{Baca juga: Panduan Lengkap Cek Kuota Telkomsel via SMS, Aplikasi, dan USSD}

“Kami turut bangga atas kinerja pemerintah Sumedang yang telah berinisiatif membuat sistem terintegrasi, khususnya di bidang kesehatan dalam program pencegahan stunting,” tutur Tjahjo.

“Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan untuk memberikan percepatan pelayanan publik. Semoga semangat dan inovasi digital dapat terus ditingkatkan untuk Indonesia yang lebih maju” tutupnya.

Patut ditunggu bagaimana aplikasi E-Health SIMPATI Telkomsel mampu mencegah fenomena stunting di Kabupaten Sumedang. (NM/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version