Aplikasi Hoax Analyzer Jawara Imagine Cup Asia Tenggara

Foto Istimewa

Telset.id, Jakarta – Microsoft mengumumkan Tim CIMOL dari Indonesia sebagai pemenang Final Imagine Cup Asia Tenggara, mengalahkan sembilan tim lainnya dari negara Asia Tenggara lainnya.

Aplikasi Hoax Analyzer dari Tim CIMOL adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memerangi proliferasi berita palsu atau hoax.

Aplikasi ini mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu. Tim CIMOL berharap bahwa penemuan mereka akan membantu lebih banyak pengguna untuk memfilter informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkannya.

Tim HeartSound dari Singapura memenangkan posisi runner-up pertama, sedangkan tim Opticode dari Filipina memenangkan posisi juara runner-up kedua pada kompetisi ini.

Selain Indonesia, Singapura, dan Filipina, empat tim mahasiswa lainnya dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga terpilih untuk bersaing di Final Dunia untuk pengakuan atas usaha mereka dalam berinovasi.

Tim dari Bangladesh, Tim Parasitica dengan aplikasi diagnosa medisnya yang bernama fasTnosis juga memenangkan penghargaan ‘Most Popular Team,’ yang dinilai berdasarkan hasil pemungutan suara secara online pada final regional.

Secara keseluruhan, Microsoft akan mensponsori total tujuh tim untuk memenuhi standar Asia Tenggara di Final Dunia Juli ini, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda Asia Tenggara di mata dunia.

Bekerja sama dengan ASEAN sebagai bagian dari Konferensi HUT ke 50, Final Regional Imagine Cup Asia Tenggara telah mencetak 10 tim pelajar cerdas untuk bersaing menjadi yang terbaik di wilayah Asia Tenggara.

Tim-tim ini telah terpilih melalui rangkaian kompetisi Imagine Cup tingkat lokal yang diadakan di 13 negara di seluruh wilayah, termasuk Bangladesh, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Vietnam.

Kerjasama Microsoft dengan ASEAN menjadi bukti kuat komitmen perusahaan untuk mengembangkan dan menemukan potensi talenta muda di Asia Tenggara, serta untuk mendorong pertumbuhan generasi berikutnya untuk membantu mereka meraih lebih banyak di era digital. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here