Akuisisi Asaii, Apple Siap Tantang Spotify

Telset.id, Jakarta – Ekspansi lintas bidang bisnis rupanya masih menjadi tren diantara raksasa teknologi, khususnya di Amerika Serikat (AS). Kali ini, perusahaan asal Cupertino, bahkan tak mau ketinggalan. Apple mengikuti tren ini dengan mengakuisisi Asaii, sebuah perusahaan rintisan atau startup serupa Spotify.

Axios, seperti dilansir channelnewsasia, Senin (15/10/2018), melaporkan aksi korporasi tersebut pekan ini. Laporan dari narasumber yang tidak diungkapkan jatidirinya ini mengukuhkan langkah Apple untuk menjadi salah satu penyedia aplikasi musik yang memiliki konten setara dengan kompetitor khusus musik.

Baca Juga : Bertemu Trump, Kanye West Minta Apple Bikin Pesawat Hidrogen

Menurut Narasumber tersebut, Apple merogoh kocek kurang dari US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliunan. Imbalannya, perusahaan pimpinan Tim Cook ini bisa dibantu untuk bekerja secara langsung dengan artis yang lebih kecil, seperti label musik.

Bulan lalu, Apple menyelesaikan akuisisi aplikasi penemuan musik Shazam, langkah yang sama dilakukan untuk menggoyang tahta raja musik streaming asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Hingga berita ini ditulis, tidak ada komentar atau tanggapan dari Apple dan Asaii mengenai akuisisi tersebut.

Sebelumnya Apple resmi membeli startup mesin pembelajaran asal Denmark bernama Spektral. Proses pembelian sudah dirampungkan tahun lalu, dengan nilai USD 30 juta atau sekitar Rp 458 miliar.

Spektral sendiri diketahui sebagai perusahaan yang mengkhususkan kepada teknologi layar hijau secara real-time. Apple telah memfokuskan diri terlibat dalam teknologi augmented reality (AR). Dengan keberhasilannya  mengakuisisi Spektral, perusahaan diyakini dapat meningkatkan fitur Memoji atau FaceTime di perangkat.

Baca juga : Apple Hadirkan Fitur Memoji, Seperti Apa?

Informasi menyebut, Apple kini sedang mengembangkan perangkat AR yang bakal rilis pada 2020. Spektral menggunakan mesin pembelajaran dan teknik visi komputer untuk menghadirkan visual di iPhone. [WS/IF]

Sumber: Channelnewsasia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here