5G akan Ubah Otomotif ke “Level 5”

Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Di 2020 nanti, masyarakat dunia akan segera merasakan kehadiran teknologi 5G. Meski masih dalam tahap awal, teknologi tersebut diyakini akan mengubah berbagai sektor menjadi “lebih berteknologi‚Äč”.

Sebagai contoh adalah industri otomotif. Menurut Harry K. Nugraha, Country Manager Intel Indonesia mengatakan industri otomotif nantinya akan meningkatkan menjadi “level 5” berkat hadirnya teknologi 5G.

“2021 nanti, industri otomotif akan masuk ke fase atau level 5,” kata Harry di acara Selular Congress 2017 di Balai Kartini, Senin (15/05/2017).

Apa maksud dari “level 5”? Menurutnya, di tahap tersebut kendaraan selain bisa mengemudi sendiri alias serba otomatis, juga bisa mengantarkan penumpangnya sampai ke tempat tujuan dan bahkan bisa menunggu penumpangnya dan mencari tempat parkir sendiri.

“Bisa dilakukan karena 5G itu latency-nya rendah atau tidak mengenal kata lemot,” ujarnya.

Tak cuma itu saja, menurut Harry, kendaraan nantinya akan masuk era dimana pengguna harus memasukkan username dan password untuk menyimpan data di cloud, mirip seperti iPhone dengan iCloud dan Android dengan Gdrive.

“Era itu namanya Things & Devices,” ucap Harry.

Jika benar akan hadir kendaraan “level 5” ini berkat adanya teknologi 5G, tentu kegiatan manusia ke depannya akan sangat dimudahkan. Namun itupun harus didukung juga dengan infrastruktur jalanan di negara terkait. Bisa dibayangkan kan “pusingnya” autonomous car ini saat menghadapi macetnya jalanan ibukota? (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here