4 Manfaat Penting Gunakan Layanan 4G

Telset.id – Kehadirnya teknologi 4G LTE di Indonesia sejak 2014 membawa angin segar bagi perkembangan jaringan broadband di Tanah Air. Untuk itu, Telkomsel terus melakukan pemerataan akses jaringan broadband 4G/LTE.

Sampai saat ini, jaringan 4G Telkomsel sudah menjangkau sekitar 95% dari wilayah populasi Indonesia dan akan terus ditingkatkan cakupannya. Dalam beberapa tahun terakhir, Telkomsel telah memfokuskan pembangunan infrastruktur jaringan untuk mengakomodasi jaringan 4G di lebih banyak daerah di Indonesia, sekaligus meningkatkan kualitas di daerah-daerah yang sudah menikmati jaringan tersebut.

Pembangunan infrastruktur ini juga telah dirancang secara matang untuk bisa mendukung pemerataan akses dan kualitas 4G di berbagai wilayah di Indonesia, agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan begitu, Telkomsel bisa membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi setiap insan di Indonesia untuk memanfaatkan akses broadband terdepan dan terluas dari Telkomsel untuk mendukung kehidupan sehari-hari,” ungkap Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada pengembangan jaringan 4G ini juga menjadi wujud nyata dari kontribusi Telkomsel dalam memperkuat kolaborasi dengan pemerintah, yang dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“Upaya pemerataan akses dan kualitas 4G dari Telkomsel ini menjadi bagian dari dukungan perusahaan terhadap upaya pemerintah melalui Kemkominfo RI dalam menghadirkan jaringan 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia hingga 2022 mendatang,” ungkap Denny menambahkan.

Nah, dengan adanya teknologi 4G LTE terdapat beberapa manfaat yang dapat masyarakat rasakan, di antaranya:

Mendukung Gaya Hidup Digital

Salah satu manfaat utama penggunaan layanan 4G yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah untuk mendorong penguatan pengalaman gaya hidup digital, seperti misalnya menonton video streaming tanpa buffering, mendengarkan musik secara streaming lebih lancar, download dan upload tanpa kendala, hingga bermain mobile gaming tanpa lag. Semua kelebihan ini mungkin tidak akan terlalu maksimal jika masih menggunakan layanan 3G apalagi 2G.

Membantu Proses Bekerja dan Belajar Daring Jarak Jauh

Tanpa kita sadari, saat ini kita sudah mulai terbiasa dalam bekerja dan belajar jarak jauh menggunakan teknologi video call, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Dan ketika pandemi ini terjadi, layanan 4G sudah menyebar dan secara masif dipakai oleh masyarakat hingga wilayah pelosok.  Dengan teknologi 4G, penggunaan video call untuk aktifitas bekerja dan belajar jarak jauh dapat memberikan pengalaman dan kualitas yang lebih baik, sehingga proses pertemuan dan belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Meningkatkan Produktivitas

Internet yang cepat dari jaringan 4G juga mampu mendorong peningkatan produktivitas, terutama terkait industri kreatif. Sebab, kecepatan broadband yang dihasilkan dari 4G dapat memberikan pengalaman dalam aktivitas download dan upload konten menjadi lebih cepat, terutama ukuran materi dengan kapasitas besar yang tidak akan lagi memakan waktu lama.

Mendukung Digitalisasi Aktivitas Keseharian

Di era modern seperti saat ini, aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di dunia digital. Saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi yang diciptakan untuk mendukung aktivitas keseharian, di antaranya aplikasi perbankan digital, e-learning, hingga e-health. Dengan latensi yang lebih rendah, teknologi 4G juga sangat cocok untuk dipakai dalam mendukung aktivitas keseharian.

Lalu bagaimana jika ingin merasakan manfaat layanan 4G dari Telkomsel saat pandemic seperti saat ini? Ada beberapa alternatif yang diberikan oleh operator ini jika pelanggan yang ingin melakukan penggantian kartu ke 4G baik secara offline maupun online.

Untuk opsi online, pelanggan bisa mencobanya dengan memanfaatkan beberapa mitra platform e-commerce, yakni Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID. Setelah kartu 4G yang dipesan tiba, ikuti langkah registrasi berikut ini:

Dari kartu lama

  • Hubungi *888*46#, pilih “1. Ya, Terima PIN 4G”
  • PIN 4G akan dikirimkan melalui SMS
  • Setelah memasukkan kartu 4G

Hubungi *888*46#

  • Masukkan PIN 4G yang didapatkan dari kartu lama
  • Notifikasi berhasil upgrade kartu 4G akan dikirimkan melalui SMS

Sebagai informasi, mekanisme ini tidak berlaku bagi pelanggan yang nomornya terdaftar layanan mobile banking (m-banking). Pelanggan pascabayar atau prabayar yang nomornya terdaftar m-banking dapat mengganti kartu ke 4G di GraPARI terdekat.

Dengan mengganti kartu SIM ke 4G, pelanggan akan mendapatkan keuntungan tambahan, yakni tambahan kuota hingga 30 GB untuk pemakaian selama satu bulan. Syaratnya, nomor tersebut sudah aktif digunakan selama minimal 6 bulan dengan jumlah penggunaan lebih dari Rp 100.000 setiap bulannya. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme tukar kartu 4G Telkomsel ini dapat diakses melalui https://www.telkomsel.com/tukarkartu4g. (Adv)

Previous articleCara Menggunakan Google Maps Secara Offline, Gak Perlu Internet
Next article4 Tips Jitu Menghemat Baterai Samsung Galaxy M02, Anti Lowbat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here