BPT Jawab Tantangan Smart City di Indonesia

Telset.id, Jakarta Blue Power Technology (BPT), penyedia  solusi dan layanan TI yang merupakan anak perusahaan CTI Group, hari ini mengumumkan peluncuran Government Interactive Response Center (GIRC), solusi dan layanan berbasis Intelligent Operations Center (IOC) milik IBM untuk membantu pemerintah wujudkan kota cerdas.

GIRC menjadi solusi bagi pemerintah kota dalam mengelola wilayah dan memonitor performa seluruh aparat agar dapat memberikan pelayanan lebih baik terhadap warga.

Inisiatif ini datang dari ramainya keluhan publik terkait permasalahan yang umum terjadi di perkotaan seperti kemacetan, kriminalitas, banjir, pemborosan energi dan insiden tertentu yang berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan warga.

Melalui solusi ini, pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan di satu kota, berinteraksi  dengan warga, meningkatkan responsifitas terhadap keluhan warga, dan memantau kinerja aparat.

Solusi ini memadukan perangkat Emergency Management, sensor, CCTV dan video analytics yang memungkinkan penerimaan informasi dan data serta pengambilan tindakan secara real time terhadap keadaan darurat.

Emergency Management sebagai perangkat dasar dari solusi ini akan menampilkan dashboard berisi informasi lengkap tentang situasi darurat beserta rekomendasi mulai dari penentuan personil dan peralatan yang tepat untuk menanggulangi perisitiwa tersebut hingga mengidentifikasi kemungkinan keterkaitan satu peristiwa denganyang lainnya.

“BPT memiliki kerjasama yang sangat baik dengan IBM dan saat ini merupakan satu-satunya mitra IBM di kawasan Asia Tenggara yang memiliki keahlian tersertifikasi dalam implementasi solusi IOC. Keahlian yang dimiliki BPT dipadukan dengan teknologi terbaik dari IBM menghasilkan solusi GIRC yang didesain untuk menciptakan layanan pemerintah kepada publik secara transparan dan responsif. Solusi ini juga tepat digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang mengelola gedung, perumahan, atau kawasan industri lainnya untuk membantu pengelolaannya secara lebih pintar,” ujar Lugas M Satrio, President Director BPT. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here