Teleshop Siap Digitalisasi 100 Ribu UMKM di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Perkembangan ekonomi digital di Indonesia sulit untuk di hindari. Pasannya ekonomi digital diyakini dapat membawa manfaat. Sayangnya kebanyakan pelaku ekonomi di Indonesia masih berada di level UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan masih kesulitan mengakses ekonomi digital.

Guna mengatasi persoalan tersebut PT Tele Utama Nusantara (TUN), perusahaan berbasis financial technology  meluncurkan TeleShop, sebuah layanan yang akan mendigitalisasikan  pelaku UMKM di Indonesia. Dengan demikian, para pelaku UMKM dapat mengakses ekonomi digital secara optimal.

Sejatinya, dengan layanan TeleShop, UMKM siap beralih rupa menjadi e-UMKM atau UMKM elektronik.

Slamet Riyadi, CEO PT Tele Utama Nusantara mengatakan, TeleShop adalah platform berbasis aplikasi android yang sangat mudah dioperasionalkan.

“Dalam praktiknya, TeleShop merupakan layanan PPOB (payment point online bank) yang memungkinkan UMKM mentransaksikan lebih banyak produk, termasuk produk digital, mengingat fungsi TeleShop yang dapat berupa merchant aggregator,” tegasnya.

[Baca Juga : Amazon Prime Tambah Konten Film India]

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa TeleShop menyasar sektor UMKM yang selama ini belum terjamah kalangan perbankan. Di antaranya, UMKM seperti para pedagang voucher, minimarket (terutama yang stand alone), warung–warung kecil, rombong/gerobak kaki lima, dan koperasi—termasuk koperasi sekolah.

“Saat ini, kami sudah memiliki 25 ribu mitra UMKM pengguna TeleShop di Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Dengan kehadiran layanan TeleShop, kami berharap ada kenaikan 4 kali lipat. Itu artinya, ada 100 ribu UMKM yang dapat menjadi mitra kami hingga akhir tahun 2018 di 34 provinsi di seluruh Indonesia,” patok Slamet.

Dengan modal awal yang relatif cukup kecil, yakni minimal deposit Rp 250 ribu, UMKM mitra TeleShop sudah bisa melayani transaksi. Setiap saat, UMKM mitra TeleShop juga dapat selalu mengetahui sisa saldo mereka.

Pemanfaatan layanan TeleShop, diyakininya, dapat  melipatgandakan omset dan laba pelaku UMKM. Sebab, margin sebesar 6-7% setiap transaksinya dapat diperoleh mitra UMKM lewat layanan TeleShop.

“Para UMKM pun hanya memerlukan perangkat handphone android. Kami bahkan bisa meminjamkan perangkat itu untuk para mitra kami. Operasionalnya sangat mudah. Mereka tinggal mendaftar, kami akan tanamkan aplikasinya, lalu mereka menyetor deposit tertentu,” ungkapnya.

Bagi UMKM dengan pendapatan besar, yakni mencapai Rp 20 jutaan, TUN akan meminjamkan mesin EDC untuk melakukan transaksi. Mesin senilai US$ 300 itu, saat ini sudah berjumlah 5.000 unit. Itu artinya, baru ada 8% mitra UMKM dari TUN yang telah menggunakan mesin EDC TeleShop.

Diakuinya, salah satu keunggulan dari layanan TeleShop adalah banyaknya kebutuhan rutin konsumen yang dapat terlayani. Sebut saja, pembayaran listrik (dan token listrik), PDAM, Telepon, Leasing, pay-TV, dan lain-lain. Bahkan, TeleShop juga bisa digunakan untuk pembayaran asuransi, BPJS, pembelian pulsa, paket data, voucher game, tiket pesawat, kereta, kapal PELNI, atau kamar hotel.

“Ke depan, TeleShop akan dikembangkan ke lebih banyak merchant sesuai dengan rencana kami menjadikannya sebagai merchant aggregator,” katanya.

Demi mencapai target tersebut, dipaparkan Slamet, strategi yang digunakan TUN adalah dengan memasuki remote area dan daerah pinggiran. Selain itu, TUN juga kan menarik kalangan UMKM yang unbankable untuk menjadi reseller yang terintegrasi dengan TeleShop. Termasuk, menawarkan layanan pembayaran untuk segala keperluan.

“Ke depan Teleshop juga akan menyediakan modal pinjaman Peer to Peer landing, untuk meningkatkan modal bagi pelaku UKM,” tutupnya. (MS)

1 KOMENTAR

  1. Saya pakai teleshop, sebelum juga anggota mkios tdc telesindo pangkalan kerinci, sekarang kartu saya hilang dan tidak ganti di grapari. Harus surat pengantar dari mkios, mohon solusinya sudah 3 hari saya ke grapari, karena telesindo sudah tutup, bagaimana dg saldo saya di teleshop ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI