Teknologi Pengenal Wajah Ungkap Pelaku Bom Boston

Gambar pelaku pemboman sebelum ledakan (FBI)
Gambar pelaku pemboman sebelum ledakan (FBI)

Jakarta  – Pihak kepolisian Boston sempat kesulitan dalam mengidentifikasi pelaku bom Boston. Namun dengan teknologi pengenal wajah yang dimiliki FBI, kasus pemboman di Boston ini dapat terungkap.

FBI memang telah diketahui memiliki perangkat software khusus untuk mengenali wajah. Namun tidak semua pihak kepolisian di wilayah Amerika Serikat telah menerapkan teknologi tersebut, termasuk di wilayah Boston.

Dalam sebuah wawancara dengan Washington Post, Komisaris Polisi Boston Edward Davis mengatakan, meskipun beberapa gambar menunjukan keberadaan kedua pelaku pemboman, Tamerlan dan Dzhokhar Tsarnaev di lokasi pemboman, namun teknologi tersebut  tidak dapat langsung memberikan data dari wajah pelaku.

Untuk menemukan data pelaku bom Boston, pihak FBI harus melalui serangkai penyelidikan. FBI bahkan harus menyusun timeline melalui ratusan jam rekaman video dan ribuan foto untuk menemukan pelaku. Hal ini pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat khusus.

FBI akhirnya bisa mengungkap kedua pelaku pemboman setelah menggunakan teknologi pengenalan wajah dan dicocokan secara manual dengan database dari Surat Izin Mengemudi (SIM) para pelaku.

Sebagai lembaga penyelidik, FBI dikabarkan telah mengembangkan perangkat khusus sistem pengenal wajah bernilai USD 1 miliar. Sistem ini diklaim semakin presisi karena bekerja dengan mengkombinasikan informasi DNA, scan retina mata, dan pengenal suara.

“Kami percaya bahwa akan semakin banyak lembaga hukum yang menggunakan teknologi ini. Dalam lima tahun ke depan kita akan melihat kemajuan yang signifikan dari sistem pengenal wajah,” kata Anil Jain, Computer Scientist & Engineering Professor dari Michigan State University, yang dikutip telsetNews dari Cnet, Senin (22/4).

Beberapa pihak menyayangkan departemen kepolisian di beberapa wilayah AS masih enggan untuk menggunakan teknologi  pengenalan wajah. FBI diharapkan mengembangkan sistem pengenalan wajah untuk lembaga kepolisian di Amerika Serikat mulai tahun depan. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0