Teknologi PCM akan Gantikan RAM, Apa Istimewanya?

Telset.id, Jakarta – Saat ini perangkat smartphone masih bergantung pada teknologi RAM untuk memacu smartphone bekerja lebih cepat. Namun teknologi ini sepertinya akan segera ditinggalkan, dan menggantinya dengan teknologi baru yang dikembangkan IBM.

Dilaporkan bahwa para peneliti di IBM Research telah berhasil mengembangkan sebuah teknologi penyimpanan optikal yang akan mengganti peran RAM dan flash storage pada perangkat smartphone di masa depan.

Komponen tersebut disebut sebagai Phase-Change Memory atau PCM. Namun saat ini teknologi yang dikembangkan IBM ini dianggap masih terlalu mahal untuk digunakan pada smartphone.

Teknologi PCM menggunakan gelombang elektrik untuk menyimpan dan membaca data dari kaca yang tak berbentuk. Selama 15 tahun terakhir, PCM telah digunakan dalam berbagai teknologi. Namun kali ini IBM mampu mengubahnya menjadi sebuah terobosan baru.

Sayangnya, hingga saat ini IBM masih belum menemukan cara untuk memangkas ongkos produksi PCM yang sangat tinggi, agar bisa menjadi lebih murah saat digunakan pada perangkat smartphone.

Selain dapat mengganti peran RAM, keunggulan lain yang dimiliki PCM adalah tidak kehilangan data ketika dimatikan. PCM dan flash bisa dikombinasikan untuk menghasilkan cache dengan sangat cepat.

Pihak IBM mengklaim bahwa perangkat yang menggunakan PCM akan bisa melakukan boot-up hanya dalam hitungan detik saja. Bisa Anda bayangkan, jika teknologi ini sudah bisa diterapkan pada smartphone, maka Anda tak perlu terlalu lama menunggu saat menyalakan smartphone.

Selain itu, bagi para gamers tentu saja kabar ini cukup menggembirakan. Karena nantinya untuk menjalankan mobile game akan bisa dilakukan dengan sangat cepat. Sangat menarik bukan.[HBS]

SourceEngadget

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI