Teknologi LTE-TDD Bantu Tekan Biaya Investasi Operator

Tower BTS 3G
Tower BTS 3G

Jakarta – Teknologi 4G atau Long Term Evolution (LTE), dianggap bisa membantu operator telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan biaya investasi yang cukup tinggi. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi LTE Time Divition Duplex (TDD).

“Melalui solusi LTE-TDD ini, berbagai operator seluler di Indonesia untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan serta menghilangkan kesenjangan ketika berpindah jalur dari 3G ke LTE,” ujar Vincent Li, CEO Huawei Indonesia di acara pembukaan ICT Carnival 2013, di Jakarta, Senin (20/05).

Dijelaskannya, bahwa LTE TDD merupakan teknologi dan solusi yang akan menawarkan layanan-layanan yang lebih majemuk, peningkatan kecepatan yang lebih tinggi dan percepatan konektivitas M2M (machine to machine), serta pelayanan berbagai aplikasi media sosial lainnya.

Muhamad Rosidi, General Manager Solution Marketing Huawei menambahkan, bahwa solusi LTE-TDD dapat membantu dan meringankan operator dengan menekan biaya operasioanl lebih rendah, karena penggunaan teknologi ini hanya memanfaatkan satu spectrum.

Solusi LTE-TDD dianggap lebih menguntungkan operator, karena memiliki fungsi dan manfaat yang besar. Teknologi ini diklaim 50% lebih hemat dalam penggunaan frekuensi.

“Teknologi ini juga sudah mendukung single run, sehingga operator yang sudah mengadopsi teknologi 2G, 3G bisa langsung migrasi ke 4G. Karena memanfaatkan satu spectrum tadi,” jelas Rosidi.

Teknologi LTE-TDD sendiri diperkirakan akan mulai digunakan di Indonesia paling lambat tahun depan. Frekuensi yang akan digunakan dalam menjalankan LTE adalah 2.3 Ghz yang sudah dialokasikan untuk teknologi netral.[WNH/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0