Teknologi Internet Cepat Telkomsel Hadir di Stadion GBK

Telset.id, Jakarta – Menyambut beroperasinya kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang dalam proses tahap akhir renovasi jelang ajang olahraga internasional Asian Games 2018, Telkomsel telah melakukan beragam aktivitas peningkatan dan penguatan fasilitas jaringan di sekitar kawasan tersebut.

Salah satunya dengan melakukan implementasi teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz serta Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO).

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, peresmian Stadion Utama GBK yang baru direnovasi, dan disertai pertandingan sepak bola Timnas melawan Islandia kemarin, menjadi momen tepat bagi Telkomsel menguji kemampuan teknologi jaringan yang memang telah dipersiapkan untuk menyambut Asian Games 2018.

Mengantisipasi kehadiran pendukung Indonesia yang mencapai puluhan ribu di GBK, Telkomsel berharap dapat memastikan kualitas jaringan yang telah beroperasi mampu menghadirkan kemudahan dan kenyamanan pelanggan.

Teknologi jaringan Massive MIMO sendiri secara khusus dioperasikan Telkomsel di kawasan komplek olahraga GBK sebagai antisipasi meningkatnya trafik komunikasi terutama akses broadband saat momen Asian Games 2018 nanti.

Ririn lebih lanjut menambahkan, pada gelaran pertandingan sepakbola Timnas Indonesia melawan Islandia sendiri, Telkomsel mencatat total trafik layanan data pelanggan yang hadir di Staion Utama GBK mencapai lebih dari 1650GB, dengan trafik tertinggi yang dapat terlayani dalam satu momen hingga mencapai 210GB.

“Lonjakan trafik layanan data tersebut meningkat hingga 240% dibandingkan hari pada akhir pekan pada umumnya,” jelas Ririn, dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id, Senin (15/1/2017).

Dengan menggelar optimalisasi kualitas jaringan 17 BTS yang sudah beroperasi di sekitar kawasan GBK, Telkomsel juga melakukan penambahan 22 BTS serta 20 diantaranya berjenis Lampsite yang secara khusus dihadirkan untuk pengamanan jaringan indoor Stadion Utama GBK.

Selain itu, Telkomsel juga mengoperasikan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang sudah dilengkapi teknologi frekuensi TDD 2,3 MHz serta 1 unit BTS berteknologi Massive MIMO yang menjangkau kawasan outdoor sekitar Stadion GBK.

“Sebagai salah satu pihak sponsor resmi gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Telkomsel secara konsisten telah melakukan sejumlah aktivitas untuk memastikan kenyamanan pengunjung dalam mengakses layanan berbasis broadband dan digital agar selalu terjaga,” pungkas Ririn.  (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here