Teknologi AI Jadi Fokus Inovasi Asus ROG di 2024

Telset.id, Jakarta – Asus ROG Indonesia menjelaskan bahwa di tahun 2024 ini perusahaan berusaha untuk memberikan inovasi teknologi terbaru yang berfokus di bidang AI atau kecerdasan buatan.

Saat ini, teknologi AI memang menjadi tren di industri teknologi dan banyak perusahaan yang mulai mengembangkan produk bertenaga AI untuk memaksimalkan pengalaman pengguna.

Begitu pula, Asus dengan lini laptop ROG-nya. Perusahaan ingin tetap relevan dengan teknologi yang sedang banyak digunakan di zaman sekarang, yaitu teknologi AI.

BACA JUGA:

“Setiap tahunnya kami selalu berupaya untuk menghadirkan inovasi teknologi terbaru, misalnya pada tahun lalu kami meluncurkan ROG Ally sebagai gaming handheld pertama dari Asus,” ungkap Muhammad Firman Head of PR Asus Indonesia pada saat ROG Media Launch Event yang diadakan di Jakarta pada Kamis (14/03/2024).

Ia menambahkan, di tahun perusahaan juga akan menghadirkan inovasi berupa teknologi AI di lini laptop Asus ROG agar bisa memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para pengguna.

Fokus kepada AI ini pun dikatakan karena berbagai komponen terbaru yang digunakan di laptop Asus ROG 2024 juga sudah dibekali fitur AI, sehingga perusahaan ingin memaksimalkan fitur tersebut.

Misalnya, prosesor Intel Core Ultra yang merupakan seri paling terbaru dari Intel, sudah dibangun dengan sistem chip yang terdiri dari CPU sebagai alat pemrosesan perintah, GPU untuk menangani kebutuhan grafis, dan NPU yang dimanfaatkan untuk mempercepat pemrosesan kecerdasan buatan.

Selain itu, diskrit GPU yang terpisah dari prosesor di laptop Asus ROG 2024 juga sudah dibekali dengan fitur AI untuk meningkatkan pengalaman gaming dengan grafis yang lebih realistis beserta FPS yang semakin tinggi untuk membuat game yang dijalankan semakin mulus.

Menariknya, dalam acara peluncuran jajaran laptop Asus ROG 2024, dilakukan juga demonstrasi dalam menjalankan game yang tergolong berat untuk saat ini, Cyberpunk 2077 menggunakan Asus ROG Zephyrus yang memiliki ukuran ringkas.

Dalam pengujian tersebut, game ini diatur ke resolusi grafis yang paling tinggi dan langsung dilakukan benchmark in game. Alhasil, game berat tersebut bisa berjalan di atas 60FPS, tepatnya di kisaran 70’an FPS. Performa yang tinggi ini pun diklaim bisa diraih berkat menggunakan prosesor Intel Core Ultra.

Meski begitu, Riandanu Utomo PR Asus ROG Indonesia menjelaskan bahwa untuk saat ini AI yang ada di laptop ini sebenarnya lebih fokus untuk memproses AI generatif dengan memakan daya yang lebih sedikit.

BACA JUGA:

Dia juga melakukan demonstrasi dengan menggunakan Stable Diffusion untuk meminta AI membuat sebuah gambar yang sesuai dengan teks yang diberikan. Dalam demonstrasi ini, pemrosesan AI terlihat memakan waktu beberapa detik saja, yang menandakan AI bisa diproses dengan cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI