telset

Tanam Saham di Meizu, Alibaba Siap Perang di Pasar Smartphone

alibabaJAKARTA – Perusahaan e-commerce raksasa dari Tiongkok, Alibaba, menginvestasikan USD 590 juta untuk menjadi bagian dari pabrikan smartphone Meizu. Dengan demikian, Alibaba memperoleh sejumlah saham di perusahaan dengan smartphone ber-OS YunOS ini, atau yang sering disebut sebagai kloning-an iOS. Alibaba akan mendapatkan persaingan ketat dari kompetitor di Tiongkok.

Dilansir telsetNews dari The Verge, (10/02), penetrasi internet di Tiongkok saat ini masih di bawah 50% namun  jumlah pengguna internetnya sudah mencapai 649 juta pengguna. 86% diantaranya masuk ke internet melalui smartphone dan tablet.

Perusahaan mesin pencarian terbesar Tiongkok, Baidu, dan perusahaan game Tencent, telah mengalihkan bisnisnya ke mobile, yang bergantung pada pengguna smartphone dan bekerja sama dengan perusahaan smartphone lokal seperti Lenovo, Huawei, dan Xiaomi. Perusahaan smartphone lokal ini bersaing dengan merek global seperti Samsung dan Apple. Lima merek besar ini menguasai 60% pasar smartphone di Tiongkok.

Sementara itu, Meizu hanya memiliki 2% pangsa pasar. Tapi penjualannya tumbuh cepat dari ratusan ribu unit menjadi 2 juta unit di akhir 2014, Tentunya jumlah ini kecil bagi Alibaba dari sisi penjualan. Tapi Alibaba sepertinya tidak memiliki opsi lain. Google sebelumnya mengecam YunOS milik Alibaba karena tidak mirip dengan Android sama sekali.

Alibaba sendiri sepertinya tidak memerlukan itu untuk menarik perhatian pengguna mobile, sebaliknya tertarik dengan bagaimana smartphone-nya menghasilkan uang bagi mereka. Sebab pada kuartal lalu, pendapatan dari divisi mobile-nya turun 2% dari analisa banyak pihak menjadi 42% dari total pendapatan. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0