Tampil ala Bintang Rock, Jack Ma Pamit dari Alibaba

Jack Ma Alibaba

Telset.id, Jakarta Jack Ma resmi pamit dari Alibaba pada Selasa (09/09) waktu setempat. Memegang gitar dan mengenakan wig ala bintang rock di sebuah acara untuk ribuan karyawan Alibaba di Hangzhou, China timur, ia pun berpamitan.

Selama “konser perpisahan” sekira empat jam di stadion berkapasitas 80.000 orang, ia memenuhi janji yang diucapkan setahun lalu.

Sambil berlinang air mata, ia menyatakan mundur dari Alibaba. Ia lalu menyerahkan jabatan kepada CEO Alibaba, Daniel Zhang.

{Baca juga: Elon Musk: AI Bikin Manusia Mirip Simpanse}

Penampil berkostum tradisional yang menari mengikuti musik dubstep serta penyanyi, memuji reputasi Ma karena bersedia berdandan maksimal. Perwakilan divisi Alibaba seperti situs belanja Tmall dan layanan Ant Financial pun ambil bagian.

“Setelah malam ini, saya akan memulai hidup baru. Saya percaya bahwa dunia sangatlah baik. Ada banyak peluang dan saya sangat suka kegembiraan. Itulah sebabnya saya akan pensiun dini,” kata Ma, dikutip Telset.id dari Reuters, Kamis (12/09/2019).

Menjelang akhir upacara, Ma, Lucy Peng, dan CEO komite teknologi Alibaba, Wang Jian mengenakan jaket kulit dan wig gaya bintang rock untuk menampilkan lagu-lagu pop China. Mereka bergabung dengan Joe Tsai yang tampil ala Marilyn Monroe.

{Baca juga: Saran Jack Ma ke Karyawan Muda: Cari Bos yang Baik}

Sejak akhir tahun lalu, Ma menegaskan akan mengundurkan diri dari Alibaba. Bahkan, ia tak akan kembali meski sang pengganti, Daniel Zhang sedang menghadapi kesulitan ketika memimpin perusahaan yang dibangun sejak tahun 1999 tersebut.

Ma mengundurkan diri lantaran ingin fokus mendalami bidang filantropi dan pendidikan untuk membantu warga di China. Meski tak lagi memimpin Alibaba, Ma berharap tetap bisa terus berkomunikasi dengan seluruh jajaran maupun karyawan. (SN/FHP)

Sumber: Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here