telset

Takut Digugat Samsung, Apple Beli Paten LTE

Jakarta – Drama perang paten antara Apple dan Samsung sepertinya akan masuk ke sekuel berikutnya, yakni paten teknologi LTE (Long Term Evolution). Keduanya saat ini diketahui sedang menyiapkan strategi untuk mengantisipasi serangan berikutnya.

Apple rupanya sangat menyadari akan ancaman yang mungkin ditebar oleh Samsung terkait paten teknologi LTE. Perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan itu saat ini merupakan pengoleksi paten LTE terbanyak dengan total 819 paten.

Dengan mengantongi paten terbanyak, Samsung memang dikabarkan telah mengambil ancang-ancang untuk menyerang balik Apple.

Produsen iPhone itu memang patut ketar-ketir, karena hingga tahun lalu Apple sama sekali tidak memilik paten LTE yang terdaftar di European Telecommunications Standards.

Langkah strategis akhirnya segera diambil perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California itu, dengan cara membeli sejumlah paten teknologi LTE. Kini Apple diketahui telah memiliki 318 paten. Mayoritas paten itu dibeli dari Nortel dan Freescale. Hanya 44 paten yang merupakan hasil kembangan mereka sendiri.

Langkah strategis lain yang diambil Apple adalah dengan menguasai saham mayoritas di ‘perusahaan penegak paten’ Rockstar Bidco, sehingga Apple ada tambahan 116 paten lagi. Totak kini Apple telah mengangtongi 434 paten LTE.

Dengan jumlah tersebut, saat ini Apple telah menguasai 5 persen paten dari keseluruhan paten LTE di dunia. Posisi pertama masih diduduki Samsung dengan menguasai 12,7% (819 paten). Tempat kedua ditempati InterDigital dengan 12,1% (780 paten).

Cara yang ditempuh Apple ini mendapat sorotan dari pihak Korea Intellectual Property Office (KIPO). Dikatakan langkah ini merupakan salah satu strategi Apple untuk mengamankan perangkat smartphone LTE mereka.

“Apple jelas telah mengambil langkah-langkah strategis untuk membeli properti intelektual guna mempersiapkan sengketa hukum sebelum meluncurkan smartphone LTE-nya,” kata salah satu petinggi KIPO yang telsetNews kutip dari The Register, Rabu (5/9).

Seperti diketahui, Apple telah menyebar undangan untuk acara peluncuran iPhone 5 pada 12 September mendatang. Smartphone terbaru Apple ini dirumorkan akan memiliki konektifitas LTE.

Samsung diperkirakan akan menjadikan iPhone 5 sebagai sasaran tembaknya dalam melancarkan serangan kepada pihak Apple terkait paten LTE. Namun pakar paten Florian Mueller menyarankan Samsung tidak menjadikan LTE sebagai satu-satunya ‘senjata’ untuk menyerang Apple.

“Samsung sebaiknya coba menggunakan sifat utama dari paten LTE untuk mematikan iPhone 5. Karena menurut saya, pendekatan yang masuk akal untuk Samsung adalah menuntut royalti atas paten-paten standar yang penting, bukan perintah,” ucap Mueller menyarankan. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0