Tak Bisa Diakses, Situs Kominfo Alami Server Down?

Telset.id, Jakarta – Situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali mengalami server down. Tampilan Situs Kominfo tampak berwarna biru dan ada tulisan jika terjadi error atau kerusakan.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id pada Rabu (03/07/2019) pukul 16.40 WIB, situs resmi milik Kemenkominfo itu tak bisa diakses seperti biasanya. Hingga tulisan ini dibuat, situs Kominfo masih belum bisa diakses.

Tampilan situs terlihat berwarna biru dan tertulis informasi jika situs tidak ditemukan, alias tidak dapat diakses.

“Maaf, halaman situs yang Anda cari tidak dapat ditemukan. Silahkan periksa kembali alamat situs yang ingin Anda kunjungi,” tulis situs tersebut.

{Baca juga: Situs Kominfo Down, Tidak Bisa Diakses}

Tim Telset.id telah coba menghubungi Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu terkait masalah ini. Dia membantah jika terjadi server down. Ia mengatakan saat ini situs tersebut hanya sedang mengalami beberapa perubahan tampilan sehingga sempat tak bisa diakses beberapa saat.

“Bukan down, ada update fitur dan tampilan beberapa fitur. Ada fitur laporan hoaks terkini,” ucap pria yang akrab dipanggil Nando itu kepada Tim Telset.id pada Rabu (03/07/2019) melalui pesan WhatsApp.

Sebenarnya masalah website Kominfo down ini bukan yang pertama, karena sebelumnya sempat terjadi awal Februari lalu. Situs tak bisa diakses atau mengalami server down pada Selasa (12/02/2019).

{Baca juga: Server Rusak, Penyebab Situs Kominfo Down}

Ketika itu pihak Kominfo menjelaskan jika server rusak menjadi penyebab halaman situs tak bisa diakses. Diungkapkan oleh Nando penyebab dari kasus ini adalah terjadi kerusakan di server data Kominfo.

Nando mengatakan bahwa tanda-tanda kerusakan sudah mulai terjadi sejak Senin (11/02). “Sebelumnya pada Senin pukul 14.30 WIB, terjadi kegagalan fungsi sistem virtualisasi server Data Center Kominfo. Penyebabnya adalah salah satu hostmengalami crash,” jelasnya.

Update: Situs Kominfo telah kembali normal dan bisa diakses seperti biasa. Menurut pantauan Telset.id, situs ini telah dapat diakses kembali pada pukul 17.27 WIB. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here