JAKARTA – Pundi-pundi kekayaan Facebook kelihatannya semakin ‘gemuk’ saja. Jejaring sosial terbesar di dunia ini mengungkapkan bahwa saat ini telah memiliki 2 juta pengiklan aktif. Data ini dipaparkan bersama pengumuman aplikasi mobile baru, Ads Manager.
Aplikasi Ads Manager yang baru diluncurkan ini dapat memberikan statistik iklan untuk para pemilik bisnis, serta ongkos per iklan, capaian iklan dan frekuensi iklan. Facebook mengklaim saat ini Ads Manager telah digunakan 800.000 pebisnis per bulan.
Seperti dilansir telsetNews dari Engadget, Kamis (26/2/2015), jumlah pengiklan aktif sebanyak 2 juta ini merupakan capaian baru Facebook. Sebab 18 bulan sebelumnya jumlah pengiklan aktif Facebook baru 1 juta pengiklan.
Jumlah 2 juta pengiklan tersebut hanya bagian dari 30 juta bisnis di seluruh dunia yang memiliki Facebook Pages. Kebanyakan pengiklan di Facebook adalah perusahaan kelas UKM dan menengah.
“Pemilik UKM sangat susah diraih dan mereka bukan tipikal orang yang pintar teknologi,” kata Sheryl Sandberg, COO Facebook, dalam sebuah wawancara dengan Reuters, yang telsetNews kutip dari Mashable, Kamis (26/2/2015).
Hasil penelitian BIA/Kelsey menyebutkan bahwa sekitar 80% dari UKM ini mulai beriklan menggunakan fitur Promote Post di Facebook. Dan sebanyak 55,1% dari UKM mengatakan bahwa mereka memiliki Facebook Pages.
Studi ini juga menemukan 20% responden menggunakan Facebook Ad atau promoted Post. Sedangkan menurut Facebook, 35% dari UKM belum memiliki web sendiri.
Meski telah memiliki 2 juta pengiklan aktif, tapi pasar digital advertising Facebook saat ini hanya 7,8% dibanding Google yang memiliki pangsa pasar 31,1% tahun lalu. Menurut eMarketer, di tahun 2013, pangsa pasar Google sebesar 33,6%, sedangkan Facebook hanya 5,8%. [HBS]