Tahun Depan, Akurasi GPS akan Lebih Akurat

Telset.id, Jakarta – Penggunaan teknologi GPS di smartphone kini semakin banyak dipakai. Mulai dari aplikasi peta, memesan taksi online dan lainnya. Namun, para pengguna sering kali mengeluh karena akurasi GPS yang ada di smartphone sering kali tidak akurat.

Kurang akuratnya aplikasi peta selama ini tidak mengherankan, karena teknologi GPS yang sudah lama tidak mendapatkan pembaharuan. Akan tetapi, perusahaan chipset Broadcom mengaku bahwa saat ini mereka tengah mengembangkan sebuah chip GPS dengan tingkat akurasi tinggi.

[Baca Juga : Kontribusi Bos Playboy di Balik Lahirnya Gambar JPEG]

Mengutip dari laman The Verge, perusahaan chipset asal Amerika tersebut mengklaim akurasi dari GPS mereka hingga 30 cm. Cara kerja dari chip yang bernama BCM47755 ini adalah dengan memanfaatkan dua satelit sekaligus.

Untuk memastikan keakuratan teknologi GPS, Broadcom mengatakan menggunakan sinyal L1 dan L5 sekaligus, dimana L1 merupakan teknologi lama dan L5 merupakan teknologi terbaru.

[Baca juga: Smartphone Battle: Zenfone 4 Max Pro vs Galaxy J7 Pro]

Saat ini, chip BCM47755 masih terus dikembangkan oleh pihak Broadcom. Mereka mengatakan bahwa chip ini akan segera diluncurkan pada tahun depan.

Namun perlu diingat, satelit dengan teknologi L5 ini masih sangat terbatas. Namun kabarnya satelit dengan teknologi tersebut akan mulai mengorbit mulai tahun ini. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI