Tahun 2024, Astronot NASA akan Tinggal di Bulan

Telset.id,Jakarta – Wakil Presiden AS, Mike Pence mengklaim, sebentar lagi Amerika Serikat (AS) akan mengirim astronot NASA untuk tinggal di pangkalan yang mengorbit di Bulan. Itu artinya, tak lama lagi akan ada manusia yang menghuni Bulan

Berbicara di Johnson Space Center NASA, pada Kamis (23/8/2018), orang nomor dua di AS setelah Donald Trump itu menyampaikan bahwa visinyaa untuk masa depan eksplorasi ruang angkasa Amerika.

Lebih jauh Pence mengatakan, bahwa sebuah markas atau pangkalan luar angkasa baru akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

Baca juga: NASA Bakal Kirim Helikopter ke Mars

“Sekali lagi, pandangan kami tertuju pada bulan, kali ini kami tidak puas hanya dengan meninggalkan jejak kaki, bahkan kami tidak akan pergi sama sekali,” kata Pence.

Pence mengatakan, dirinya percaya, ini adalah waktunya bagi Amerika Serikat untuk memetik hasil dari apa yang telah dipelajari selama beberapa dekade ini.

Tim dari NASA telah bekerja keras dengan kepandaian dan kreatifitas untuk bekerja, membangun pangkalan permanen di sekitar bulan.

Saat ini, Nasa mengembangkan satelit yang disebut Lunar Orbital Platform-Gateway, yang akan diluncurkan ke ruang angkasa pada tahun 2022 dan akan berfungsi sebagai pos pangkalan untuk misi ke ruang angkasa.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Pesawat NASA Terbang Tanpa Pilot

“Kami tinggal beberapa tahun lagi dari peluncuran blok bangunan pertama Gateway ke ruang angkasa, mengubah fiksi ilmiah menjadi fakta sains. Dan pemerintahan kami bekerja tanpa lelah untuk menempatkan kru Amerika di atas Landon Orbital Platform sebelum akhir tahun 2024,” kata Pence.

Wakil Presiden bersumpah bahwa Trump akan menjadikan program luar angkasa Amerika kembali luar biasa.

“Pembatalan dari upaya sebelumnya untuk mencapai bulan dikatakan Nasa, dikatakan negara kami, kepada seluruh dunia, bahwa Amerika tidak lagi serius tentang eksplorasi ruang angkasa,” tambahnya.

Ia menuturkan, selama ini Amerika selalu berbicara untuk pergi ke Mars. Namun, tanpa adanya pangkalan di bulan sebagai batu loncatan, tanpa dukungan komersial yang lebih kuat untuk membantu NASA sampai di sana, misi awak ke Planet Merah tidak lebih dari sekedar fatamorgana.

Baca juga: NASA akan Kirim Pesawat di Jarak Terdekat dengan Matahari

Akan tetapi, kata Pence, Amerika Serikat sebentar lagi akan mengembalikan kejayaan Amerika Serikat di luar angkasa.

“Tapi hari ini sudah berakhir, Amerika akan memimpin umat manusia ke bintang lagi,” imbuhnya. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0