Tagar Anti Vaksin “Haram” Muncul di Instagram

cara verified instagram

Telset.id, Jakarta – Instagram menegaskan akan memblokir tagar anti vaksin yang menyebarkan informasi hoaks terkait vaksin. Kebijakan baru ini menambah daftar tagar terlarang di platform yang berada di ekosistem Facebook tersebut.

Instagram sebelumnya telah memblokir tagar yang berisi informasi palsu, seperti #vaccinescauseautism dan #vaccinescauseaids.

Sekarang, Instagram juga akan memblokir tagar terkait anti-vaxxers atau gerakan anti vaksin untuk menyebarkan klaim palsu terkait vaksin. Misalnya, jika kelompok mulai menggunakan tagar #Vaccines1234 untuk membagikan informasi yang salah, tagar tersebut akan diblokir oleh Instagram.

{Baca juga: Ubah Kebijakan, Kini Instagram “Lebih Adil” Soal Blokir Akun}

Asal tahu saja, ketika tagal diblokir, maka pengguna tidak akan menemukan konten terkait tagar tersebut. Bahkan, ketika mencoba mengakses tagar terlarang, pengguna juga tidak akan melihat apapun.

Facebook sebelumnya juga berkomitmen untuk memberantas konten hoaks. Mereka bahkan menggandeng FacebookFact-checkers untuk memberantas foto dan video hoaks, dan menjaga penyebarannya tidak meluas.

{Baca juga: Tegas! Instagram Serius Berantas Konten Hoaks Bareng Facebook}

Dikutip dari Engadget, Selasa (07/05/2019), Instagram nantinya tidak akan menghapus konten hoaks. Namun, media sosial ini memilih untuk tidak memunculkannya di tab Explore atau di halaman hasil pencarian hashtag.

“Pendekatan kami terhadap informasi yang salah sama dengan Facebook. Ketika kami menemukan informasi yang salah, daripada menghapusnya, kami akan mengurangi distribusinya,” kata juru bicara Instagram. (NM/FHP)

Sumber: Engadget

Previous articleRayakan Ramadan, Lazada Berikan Diskon Hingga 99%
Next articleFix! Ini Dia Spek Lengkap Asus Zenfone 6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here