telset

Tablet Surface ‘Lebih Menguntungkan’ Dibanding iPad

Jakarta – Menurut laporan hasil penelitian yang dilakukan lembaga market riset, IHS iSupply, bahwa tablet Microsoft Surface akan meraih keuntungan sebesar 53 persen dari setiap unit yang terjual. Sedangkan Apple hanya mendapatkan 44 persen dari iPad di kelasnya.

Hasil penelitian ini memang cukup mengejutkan. Karena walaupun iPad buata Apple jauh lebih populer dibandingkan tablet Surface, namun ternyata tablet terbaru buatan Microsoft itu justru lebih banyak mendatangkan keuntungan dibandingkan iPad.

Microsoft menetapkan harga sebesar USD 599 untuk satu unit Surface dan bisa mendapat keuntungan USD 284 tiap perangkat yang terjual. Sementara iPad generasi ketiga dalam versi 32GB, “hanya” mampu mendulang keuntungan sebesar USD 333.

“Surface merupakan elemen kunci dalam strategi Microsoft untuk mengubah dirinya dari pembuat software menjadi penyedia device dan provider,” ujar kepala analis IHS iSupply, Andrew Rassweiler, lewat Cnet, Selasa (6/11).

Perhitungan yang iHS iSupply dilakukan berdasarkan pada biaya perangkat keras dan manufaktur, tidak termasuk biaya distribusi, pemasaran, software, lisensi, dan biaya lainnya.

Dari segi hardware, tambah Rasseweiler, Microsoft telah berhasil dengan Surface yang menawarkan tablet yang mengesankan dan lebih menguntungkan, bahkan bila dibandingkan dengan keuntungan yang diraup iPad berdasarkan harga eceran saat ini. [lkh/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0