telset

Tablet Surface Diperkirakan Terjual 1 Juta Unit di Q4 2012

Iklan Tablet Surface
Iklan Tablet Surface

Jakarta – Penjualan tablet Microsoft Surface versi Windows RT menurut banyak analis tidak terlalu bagus dan jauh dari yang diharapkan. Tablet tersebut diperkirakan hanya terjual sekitar 1 hingga 1,5 juta unit di kuartal keempat.

Brent Thill, seorang analis dari UBS telah melaporkan hasil analisanya mengenai penjualan tablet Microsoft Surface versi Windows RT. Manurutnya hingga kuartal keempat, penjualan tablet Surface diperkirakan sekitar 1 juta unit.

Hasil analisa Thill ini tidak berbeda jauh dengan laporan analis lainnya, Rhoda Alexander dari HIS iSupply, yang memperkirakan Surface terjual 1,3 juta unit di kuartal yang sama. Sementara analis Detwiler Fenton memberikan hasil yang lebih pesimis dengan menyebut angka 500 ribu sampai 600 ribu unit.

Kurang bagusnya penjualan Surface ini, menurut Thill, lebih disebabkan karena ketatnya persaingan di pasar tablet PC, yang kini dikuasai Apple iPad. Sebagai perbandingan, dari hasil laporan analis kepada Majalah Forbes, rata-rata memperkirakan penjualan iPad bisa menembus angka 24 juta unit di periode yang sama.

Namun Thill menyatakan justru lebih tertarik pada prospek Microsoft Surface Pro, yang dijadwalkan akan rilis bulan ini. Tablet Windows 8 yang menggunakan prosesor Intel itu disebutnya lebih mirip Desktop PC. Berbeda dengan Surface Windows RT yang secara kemampuan lebih mirip dengan tablet Android atau iPad.

Dia memperkirakan para pekerja bisnis akan menjadikan Surface Pro sebagai alternatif iPad untuk penggunaan enterprise, karena selama ini para pekerja bisnis terbiasa menggunakan Windows versi desktop PC saat bekerja di kantor.

Sementara itu, UBS memprediksi untuk tahun fiskal yang berakhir pada Juni 2013, Microsoft akan berhasil menjual 2,5 juta tablet Surface telah terjual, dan akan meningkat hingga 8 juta unit di tahun fiskal 2014. Demikian seperti disitat PhoneArena, Selasa (15/1). [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0