Tablet PC ini Bisa Dilipat Layaknya Gulungan Koran?

Telset.id,Jakarta – Sekelompok peneliti di Kanada telah berhasil membuat layar komputer yang dapat dilipat. Gadget bernama ‘MagicScroll’ ini diklaim sebagai ‘tablet PC’ pertama yang dapat digulung’ di dunia.

Layar fleksibel ini dapat membuka gulungan mulai dari sekitar poros silinder menjadi 7,5 inci yang kemudian dapat diletakkan secara datar. Ada dua roda putar di setiap ujungnya, sehingga memungkinkan pengguna membuka gulungan layar dan menggulir kontak di layar.

Pada saat posisi digulung, ‘tablet PC’ masih bisa digunakan, misalnya membuat panggilan telepon hanya dengan satu tangan.

“Sebagai ponsel, faktor bentuk silinder memungkinkan penyesuaian ergonomis yang lebih baik untuk penggunaan satu tangan,” kata peneliti menjelaskan.

Pembuat MagicScroll, dari Human Media Lab di Queen’s University di Kanada, mengatakan bahwa perangkat ini cukup kecil untuk dimasukan ke saku saat digulung.

“Kami terinspirasi oleh desain gulungan kuno, karena bentuknya memungkinkan pengalaman yang lebih alami dan tak terganggu dari garis visual yang panjang,” kata direktur Human Media Lab, Roel Vertegaal, dalam sebuah pernyataan.

Sumber inspirasi lain dari MagicScroll , adalah sistem arsip lama Rolodex yang digunakan untuk menyimpan dan menelusuri kontak nama.

Roda gulir MagicScroll memungkinkan pengguna melakukan pengguliran tak terbatas, dan juga melakukan browsing dengan cepat. Membuka gulungan adalah pengalaman nyata yang memberikan tampilan layar penuh dari item yang dipilih.

Fitur lain yang ditanamkan ke dalam perangkat adalah kontrol gerakan yang mirip dengan kontroler game Nintendo. Tim mengatakan, tujuan berikutnya adalah untuk mencoba dan membuat perangkat yang lebih kecil.

‘Harapan kami adalah merancang perangkat sehingga dapat digulung menjadi sesuatu yang kecil, bahkan sekecil pena yang bisa anda bawa di saku baju anda,” kata Dr. Vertegaal.

Secara lebih luas, proyek MagicScroll juga memungkinkan kita untuk meneliti lebih lanjut pernyataan bahwa ‘layar tidak harus datar’ dan ‘apa pun bisa menjadi layar’. Banyak produsen teknologi yang sedang mencari cara untuk memproduksi ponsel dengan layar fleksibel.

Baca Juga : Samsung Bakal Pasok Layar Lipat untuk Oppo dan Xiaomi?

Menurut situs teknologi ZD Net, bos ponsel Samsung, DJ Koh mengatakan kepada para wartawan di sebuah acara, bahwa akan membuat telepon yang dapat dilipat. Samsung tidak ingin kehilangan gelar pertama di dunia sebagai perusahaan pertama yang menggunakan teknologi itu.

”Dia mengatakan perusahaan sedang ‘fokus mengembangkan inovasi yang akan diterima dan disukai oleh konsumen,” tulis situs teknologi ZD Net.

Ide untuk membuat ponsel lipat pertama kali muncul kembali pada tahun 2016. Mulai sejak itu, perusahaan telah bekerja untuk menemukan teknologi tersebut.

Teknologi ini bukan seperti ponsel flip Motorola dari tahun 90-an dengan keypad. Ini adalah smartphone yang menggunakan teknologi layar lipat canggih seperti yang disebutkan di atas dan  kini sedang dikembangkan oleh Human Media Lab.

Sumber : Metro.co.uk

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0