Ini Susunan Direksi Telkom yang Baru, Ada Bos Bukalapak

Susunan Direksi Telkom

Telset.id, Jakarta – PT Telkom akhirnya mengumumkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Salah satu keputusan penting yang diambil adalah perombakan susunan direksi Telkom.

Seperti bocoran yang telah beredar sebelumnya, Pendiri dan Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid ditunjuk sebagai Direktur Digital di perusahaan plat merah tersebut.

{Baca juga: Presiden Bukalapak Ditunjuk Jadi Direktur Digital Telkom}

Sementara Ririek Adriansyah masih tetap menjadi orang nomor satu di Telkom, sebagai Direktur Utama. Jabatan ini dipegang Ririek untuk yang kedua kalinya.

Dalam RUPST ini banyak merombak susunan direksi Telkom. Yang paling menarik perhatian adalah penunjukan Fajrin sebagai direktur digital, yang menggantikan posisi Faizal R Djoemadi.

Penunjukan ini cukup mengejutkan, karena Fajrin adalah “orang luar” Telkom. Namun melihat latar belakangnya sebagai pendiri Bukalapak, kemungkinan dia akan ditugaskan untuk membidani Telkom yang akan bertransformasi menjadi perusahaan digital

Sementara posisi direksi lainnya diisi oleh nama-nama dari dalam perusahaan, dan juga anak perusahaannya, Telkomsel, seperti Venusiana Papasi. Kemudian Edi Witjara yang sebelumnya menduduki jabatan Direktur Human Capital Management, kini beralih tugas sebagi Direktur Enterprise.

Kemudian ada pendatang baru yang ditarik dari Pelindo 1, yakni Dian Rahmawan yang akan menempati posisi Direktur Wholesale & International Service Telkom. Ada juga nama-nama baru lainnya, seperti Heri Supriadi, Herlan Wijanarko, Afriwandi, dan Budi Setiawan.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir membocorkan sosok direksi Telkom yang baru. Menurutnya, salah satu jabatan direksi Telkom akan diisi oleh generasi milenial yang umurnya di bawah 40 tahun.

Pada diskusi virtual yang disiarkan melalui Youtube IDN Times pada Sabtu (13/06/2020), Erick menyatakan bahwa jabatan direksi Telkom akan diisi oleh generasi milenial. Namun, Erick tidak menjelaskan siapa sosok generasi milenial yang dimaksud.

{Baca juga: Erick Thohir: Direksi Telkom akan Diisi Generasi Milenial}

“Untuk yang muda kita terjunkan di Telkom. Saya akan kasih kesempatan milenial jadi direktur, tapi untuk jadi dirut mesti jadi coaching dan bersamaan,” kata Erick.

Berikut ini susunan dewan komisari dan direksi baru Telkom:

Dewan Komisaris

Dewan Komisaris: Rhenald Kasali
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris Independen: Wawan Iriawan
Komisaris Independen: Candra Arie Setiawan
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Alex Denni
Komisaris: Rizal Mallarengeng

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Keuangan: Heri Supriadi
Direktur Consumer Service: Venusiana Papasi
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Digital Business: Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Strategic Portfolio: Budi Setiawan
Direktur Wholesale & International Service: Dian Rahmawan
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here