Suplai Layar Retina Minim, Produksi New iPad Turun

San Fransisco – Minimnya ketersediaan stok layar Retina dan mulai diberlakukan aturan praktek perburuhan yang lebih ketat kepada Foxconn berimbas pada menurunnya produksi New iPad. Akibatnya, jadwal pengiriman perangkat besutan Apple itu terlambat sampai ke tangan pemesan.

Menurut analis Sterne Agee, Shaw Wu, ketergantungan pihak Apple pada Samsung sebagai satu-satunya suplier Retina untuk perangkat tabletnya itu, menyebabkan turunnya produksi New iPad.

Kondisi ini memang harus dihadapi Apple, karena memang belum ada vendor lain yang dianggap memenuhi standar tinggi yang ditentukan Apple. Sebelumnya LG dan Sharp dikabarkan pernah ingin menjadi suplier layar Retina bagi iPad, tapi ternyata kualitas produk mereka masih dianggap belum layak oleh Apple.

Selain itu, rekomendasi Fair Labour Association (FLA) yang ditujukan ke Foxconn, terkait soal pelanggaran jam kerja bagi para buruh di pabrik asal China itu membuat volume produksi New iPad jadi menurun. Namun menurut Wu, melambatnya ketersediaan komponen dan masalah buruh tidak mempengaruhi jumlah pemesanannya yang terus meroket sejak pertama diluncurkan.

Diperkirakan kenaikan penjualan New iPad di bulan Maret lebih dari 12,3 juta unit, yang artinya naik dari bulan sebelumnya 11,5 juta unit. Hingga kini, jumlah New iPad yang telah terjual sejak pertama kali diluncurkan total telah mencapai 63 juta unit. Demikian seperti yang Telsetnews kutip dari Slashgear, Kamis (12/4). [hbs]

Previous articleIngin Kuasai 50% Saham RIM, Microsoft Sodorkan USD 3,5 Miliar
Next articleLG Bersiap Pertahankan Dominasi di 2012

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here