Sundar Pichai Jadi CEO Baru Google

Sundar Pichai CEO Google
Sundar Pichai, CEO baru Google

JAKARTA – Google mengumumkan perombakan besar-besaran di jajaran pucuk pimpinan perusahaan. Sundar Pichai ditunjuk sebagai CEO Google yang baru menggantikan Lary Page. Selanjutnya Page akan menjadi CEO Alphabet, anak perusahaan Google yang baru bersama  Sergey Brin.

Terpilihnya Pichai tidak terlalu mengejutkan, karena Pichai merupakan top eksekutif yang karirnya sedang cemerlang. Selama delapan bulan terakhir ini dia dipercaya bertanggung jawab atas semua produk utama Google, termasuk Chrome, Android, Search, Google+, dan Maps.

Larry Page memilih Pichai untuk mengawasi strategi produk Google, sementara Page sendiri akan fokus mengembangkan Alphabet, sebuah proyek baru yang masih berada di bawah Google juga. Di perusahaan baru ini, Page akan kembali berduet dengan Sergey Brin yang ditunjuk sebagai President Alphabet.

 

“Saya sangat menikmati bekerja tim dengannya. Sekarang saatnya Pichai memegang tugas yang lebih besar, dia pantas menyandang jabatan CEO,” kata Page, saat mengumumkan pergantian CEO, seperti dikutip telsetNews dari Business Insider, Selasa (11/8/2015)

“Karirnya berkembang pesat sejak Oktober tahun lalu, saat dia memegang tanggung jawab untuk bisnis internet. Sergey Brin dan saya sangat senang melihat perkembangan karirnya dan dedikasinya kepada perusahaan,” tambahnya.

Karir Pichai memang tengah bersinar. sejak bergabung di Google pada tahun 2004, banyak prestasi yang ditorehkan pria asal India ini. Tak heran jika beberapa jabatan penting pernah diembannya, sebelum akhirnya dipilihnya sebagai CEO Google yang baru.

Kapasitas Pichai telah diakui banyak pihak, dan bahkan dianggap merupakan kandidat yang pantas menduduki jabatan CEO menggantikan Page. Quest Venture Partners investor dan mantan petinggi Google Maarten Hooft bahkan sudah “meramalkan” Pichai adalah kandidat kuat sebagai orang nomor satu di Google .

“Jika ada siapa pun yang bisa mengambil alih sebagai CEO suatu hari nanti, aku akan melihat Sundar sebagai pilihan yang cocok untuk melakukan hal itu,” ujar Maarten Hooft kepada Business Insider tahun lalu.

“Ada banyak orang pintar [di Google], tetapi sejauh ini dalam hal produk konsumen, saya ragu mereka (Google) akan berhasil tanpa Sundar berada di sana,” sambungnya.

Dan ramalan Hooft sekarang terbukti benar, karena hari ini Pichai akhirnya mencapai posisi puncak di perusahaan raksasa Internet tersebut. Selamat bertugas Pichai ! [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI