Studi: Pengguna Android Lebih Setia Dibanding iPhone

Android fansJAKARTA – Pengguna iPhone selama ini digaung-gaungkan memiliki kesetiaan yang lebih tinggi daripada pengguna Android. Namun benarkah para iPhone fanboy lebih setia ketimbang pengguna Android? Data terbaru dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) justru mendapati kenyataan yang sebaliknya.

Dalam laporannya, CIRP menyebutkan bahwa tingkat kesetiaan para pengguna perangkat iOS dan Android tak jauh berbeda, bahkan lebih dekat lagi ketimbang sebelumnya.

Selama dua tahun terakhir, CIRP mengamati dan mengumpulkan data metrik volume pembelian smartphone. Dari data inilah tergambar bagaimana tingkat kesetiaan dari para pengguna iPhone dan Android.

Berdasarkan data CIRP yang dilansir BGR, ditemukan fakta bahwa setiap kali seorang konsumen membeli ponsel baru, 82% dari pengguna Android memilih tetap setia membeli ponsel Android. Sementara hanya 78% dari pengguna iOS tetap membeli perangkat iOS.

Data tersebut juga mencatat bahwa jumlah pengguna yang beralih dari iOS ke Android malah lebih besar daripada pengguna Android yang beralih ke iOS.

Selanjutnya, data CIRP juga menunjukkan fakta bahwa 62% dari pembeli ponsel pertama kali cenderung memilih Android, dibandingkan dengan hanya 24% yang memilih untuk membeli iPhone.

“Dinamika antara iOS dan Android tidak dipahami dengan baik. Bahkan bagaimana mengukur tingkat loyalitas dasar dari masing-masing pengguna kedua sistem operasi ini tidak secara luas,” kata Josh Lowitz, Mitra dan Co-Founder of CIRP.

Lowitz mengungkapkan, selama bertahun-tahun di lingkungan komunitas Apple selalu “mempromosikan” loyalitas pengguna iOS. Sementara fans Android selalu dipojokkan sebagai pengguna yang tidak setia, dan mudah berpindah ke lain hati, dalam hal ini ke iOS

“Analisis kami memiliki pandangan yang lebih bernuansa pada seleksi sistem operasi, dan bahkan menunjukan loyalitas pengguna Android melebihi pengguna iOS,” ujar Lowitz.

Menariknya, beberapa bulan lalu CEO Apple Tim Cook mengklaim bahwa banyak pengguna Android pindah ke iPhone. Orang nomor satu di Apple itu mengatakan bahwa jumlah pengguna Android yang beralih menjadi pengguna iPhone pada saat ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Well, apakah klaim dari Cook ini hanya merupakan cara yang dilakukan komunitas Apple selama ini, yaitu “mempromosikan loyalitas” pengguna perangkat iOS? Faktanya, CIRP melihat pengguna Android-lah yang lebih setia ketimbang para iPhone fanboy.[HBS]

 

 

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI