Stok Menumpuk, Sony Stop Produksi PS VR2

Telset.id, Jakarta – Sony PlayStation telah mengambil keputusan untuk menghentikan produksi perangkat gaming PS VR2. Ini dikarenakan stok perangkat yang menumpuk.

Sony hingga saat ini memang sangat terkenal sebagai salah satu produsen konsol paling sukses sepanjang masa. Perusahaan juga telah memecahkan rekor dengan PS4 beberapa waktu lalu. Kini dengan sambil berjualan PS5, Sony pun sedang menyiapkan PS5 Pro.

Sayangnya, saat ini tampaknya langkah raksasa game asal Jepang ini terlihat kurang mulus. Karena produksi PS VR2 telah dihentikan, walaupun headset VR ini berada di generasi kedua.

BACA JUGA:

Menurut laporan dari Gizmochina, Sony sedang mengalami krisis karena persediaan dari PlayStation VR2 yang tidak terjual sudah menumpuk. Hal ini menjadi penyebab perangkat tersebut berhenti diproduksi.

Saat ini perangkat VR memang telah menjadi sorotan dengan hadirnya Apple Vision Pro baru-baru ini, namun teknologi ini bukan sebuah hal baru dari Sony. Perusahaan telah merilis headset VR pertama sebagai aksesoris dari PS4 pada tahun 2016 silam.

Meskipun penjualan seri pertamanya tidak impresif, tetapi penjualannya tetap menjanjikan, sehinga mendorong Sony melanjutkan pengembangannya. Dan pada bulan Februari tahun lalu, perusahaan meluncurkan PS VR2 dengan harga $549,99 atau sekitar Rp8,6 jutaan.

Walaupun harganya tergolong mahal, headset ini mengalami penjualan yang bagus, dengan sebanyak 600 ribu unit dalam enam minggu pertama. Tetapi, penjualannya terus menurun, hingga Sony mengambil keputusan untuk menghentikan sementara produksi PS VR2.

Meski begitu ini bukan berarti menjadi malapetaka bagi PS VR2. Karena, setelah stok saat ini terjual, perusahaan mungkin akan beralih ke pendekatan produksi yang lebih terukur.

Di sisi lain, dengan terjadi kondisi saat ini, kemungkinannya kecil untuk mengharapkan lonjakan penjualan game VR dari Sony atau pengembang game lainnya. Di balik ini, ada hal baik bagi para gamers, karena Sony mungkin mempertimbangkan pemotongan harga untuk meningkatkan penjualan.

BACA JUGA:

Dengan adanya potongan harga, daya tarik dari PS VR2 mungkin akan meningkat dan berpotensi untuk menjadi peluang bagi Sony dan pengembang game untuk membuat judul-judul VR baru. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI