Spice i2i Resmi Akuisisi Grup Pemilik Nexian

Jakarta – Spice i2i menuntaskan proses akuisisi  Grup Affinity, pemegang merek Nexian sekaligus perusahaan distribusi Selular Group. Perusahaan yang bermarkas di Singapura tersebut menuntaskan kesepakatan pada tanggal 26 mei lalu, setelah membayar uang senilai US$100 juta atau setara dengan Rp 855 milyar kepada grup Affinity.

Jumlah tersebut bisa bertambah sampai dengan US$ 175 juta. Tergantung besaran NPAT (Net Profit After Tax)  grup Affinity selama tiga tahun kedepan.

Menurut rilis resmi yang ada di situs Spice i2i.com, pihak Spice i2i akan membayar biaya tambahan paling tidak US$ 5 juta sampai maksimal US$25 juta per tahun kepada grup Affinity, sesuai dengan besaran laba bersih yang diperoleh grup Affinity dalam tiga tahun kedepan (2011-2013). Dengan catatan,  jika laba bersih grup Affinity tidak sampai atau sama dengan US$ 5 juta pertahun, maka Spice i2i tidak berkewajiban untuk membayar tambahan biaya akuisisi.

Spice i2i sendiri sebelumnya dikenal  dengan nama Media Ring Ltd, perusahaan IT asal Singapura, yang kemudian diakuisisi Spice Group (India) dan berganti nama menjadi Spice i2i. Tahun lalu Spice i2i juga mengakuisisi NewTel Corporation, produsen handset lokal terbesar kedua di Thailand dengan nilai akuisisi $22 juta.  Tidak hanya itu, Spice i2i juga memiliki 35% kepemilikan di Spice CSL yang merupakan joint venture antara Spice i2i dengan perusahaan produsen handset dan VAS (Value Added Services) CSL Mobile asal Malaysia.

“Spice sudah menjadi merek mapan di pasar telekomunikasi India. Dengan pembelian ini, saya berharap akan membawa keberhasilan yang sama untuk pasar Indonesia dan saya menantikan tantangan baru membawa perseroan ini ke tahap pertumbuhan berikutnya. ” Jelas Dilip Modi yang resmi menjabat sebagai Vice President Director Affinity Group. (HZ)

Previous articleFacebook Gandeng Spotify Siapkan Layanan Music Streaming
Next articleReview Nokia E6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here