Sophos: ASEAN Sasaran Empuk Serangan Siber

System Security Specialist Working at System Control Center. Room is Full of Screens Displaying Various Information.

Telset.id, Jakarta Kasus serangan siber marak terjadi belakangan ini di berbagai belahan dunia seiring perkembangan teknologi digital. Bahkan ASEAN dikatakan merupakan sasaran empuk serang siber.

Seperti yang terjadi belum lama ini di Singapura, negara yang dianggap paling maju teknologinya di kawasan Asia Tenggara ini diserang hacker yang membobol 1,5 juta data pribadi warga mereka, termasuk data pribadi PM Lee Hsien Loong.

“Ancaman cybersecurity semakin canggih dan Asia adalah sasaran empuk serangan siber. Kami melihat Singapura pernah mengalami insiden pelanggaran data terbesar dua bulan yang lalu, dan tampaknya serangan seperti itu tidak akan mereda,” ujar Direktur Senior ASEAN dan Korea Sophos, Sumit Bansal.

Disisi lain, Sumit melihat ada sisi positif atas aksi para penjahat digital tersebut, yakni kalangan bisnis dari berbagai skala telah menyadari hal tersebut dan terus berinvestasi meningkatkan keamanan siber (cybersecurity).

Ini menjadi peluang bagi perusahaan dibidang cybersecurity, seperti Sophos untuk memperkuat posisi mereka di Kawasan ini. Bahkan untuk memperluas layanannya di bidang pemasaran, Sophos menggandeng Tech Data, distributor produk teknologi terkemuka global.

“Kemitraan kami dengan Tech Data akan mempermudah mitra bisnis dan pelanggan mereka di kawasan untuk mengerahkan perlindungan Sophos” Kata Sumit.

Layanan yang ditawarkan Sophos antara lain portofolio jaringan, endpoint, data, identitas, dan perlindungan firewall. Dengan memanfaatkan jaringan dan pengalaman pasar regional Tech Data, Sophos berharap bisa mengjangkau pelanggan di kawasan ASEAN.

Wakil PresidencSpecialist Business Unit Tech Data Asia Pasifik Naresh Desai menuturkan bahwa produk Sophos hanya tersedia melalui mitra yang terdaftar. Dengan kemitraan ini, Sophos diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mitra bisnis dan pelanggan mereka di kawasan ASEAN secara efisien.

“Tech Data percaya bahwa kekuatan solusi keamanan generasi masa depan terletak pada pendekatan proaktif terhadap ancaman keamanan. Kami persenjatai mitra bisnis dengan teknologi dan pengetahuan untuk melindungi pelanggan mereka,” tutur Naresh.

Disisi lain, kemitraan Tech Data dengan Sophos, kata dia, juga membantu untuk memperkuat portofolio keamanan dan memenuhi kebutuhan cybersecurity untuk lebih dari 5.000 mitra bisnis mereka di ASEAN. [WS/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here