Sony Janjikan Update Atasi Overheat di Xperia Z4

Sony Xperia Z4 display hands-onJAKARTA – Sony akhirnya mengakui smartphone flagship terbarunya Sony Xperia Z4 dan Xperia Z3+sedang menghadapi masalah panas yang berlebih atau overheat. Raksasa elektronik asal Jepang inipun menjanjikan akan segera memberikan update software yang diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut.

Masalah panas berlebih ini telah dikeluhkan sejumlah pengguna Xperia Z4 di Jepang. Hal itu dibuktikan oleh hasil aplikasi CPU-Z yang menunjukkan suhu Xperia Z4 mencapai angka 68 derajat celcius.

Kuat dugaan sumber masalah panas di Xperia Z4 berasal dari prosesor yang digunakan, yakni Snapdragon 810. Problem overheat pada Qualcomm Snapdragon 810 memang telah menjadi momok bagi para produsen smartphone.

Akibat masalah overheat ini, beberapa retailer di Jepang memberikan saran kepada para pembeli supaya tidak terlalu lama menyalakan perangkat tersebut agar tidak terjadi masalah overheat.

Sementara itu, dari Belanda dilaporkan mengenai uji coba daya tahan Xperia Z3+ dengan cara menyalakan aplikasi kamera. Hasilnya, performa kamera Xperia Z3+ mengecewakan, karena dalam waktu singkat saja, aplikasi Camera tidak bisa digunakan akibat tingginya suhu smartphone.

Sony sendiri mengakui tahu masalah overheat ini. Sony mengatakan bahwa di beberapa kasus, overheat bisa membuat applikasi dihentikan atau ditutup secara otomatis. Sementara soal keluhan panas di bagian belakang smartphone saat di genggam, Sony beranggapan bahwa hal ini tidak terlalu menjadi masalah besar.

Untuk sementara waktu, Sony memberikan solusi untuk mengatasi masalah panas berlebih ini dengan cara para pengguna Z4 dianjurkan agar mematikan ponselnya secara reguler setiap harinya, terutama ketika sedang mengisi daya baterai.

Tetapi Sony berjanji untuk memberikan update software secepat mungkin yang akan memperbaiki permasalahan tersebut. Kemungkinan Sony akan mempercepat clock speed CPU dan GPU, dan mencegah keduanya untuk tidak mencapai kecepatan tinggi terlalu sering.

Cara tersebut bisa mengurangi temperatur, tetapi akan berdampak bakal menurunkan performa smartphone. Namun paling tidak solusi ini bisa sedikit mengatasi masalah overheat, sebelum diberikan update software baru.[HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here