Sony Ericsson Aspen

Ini adalah jajaran seri ponsel greenheart dari Sony Ericsson dengan bahan baku yang mampu didaur ulang bila sudah tak terpakai lagi. So, bila Anda merupakan penggemar teknologi sekaligus orang yang peduli lingkungan maka Aspen bisa jadi pilihan berkomunikasi yang pas.

 

Harga :RP 3.999.000

Technical Spec

Screen TFT resistive touchscreen, 65.000 colors 320 x 240 pixels, 2.4 inches

Storage 256MB RAM, 256MB ROM, 100MB storage, External microSD up to 16GB

Connectivity GSM, GPRS, EDGE, HSDPA, Wi-Fi, Bluetooth

Media music & video Player

Camera 3.15 MP, video recording

System Microsoft Windows Mobile 6.5.3 Professional

 

User Interface

  • Layar resistive terasa kurang nyaman jika diakses menggunakan jari saja

  • Pada homescreen terdapat 6 slot panel untuk menaruh aplikasi atau fitur seperti email, cuaca dan message, termasuk penunjuk waktu (alarm) dan tanggal dibagian atasnya. Bentuk dan fungsi panel pada homescreen bisa diubah sesuai kebutuhan

  • Menu diakses lewat dengan menyentuh icon Windows pada sisi kiri bawah. Susunan menu terdiri dari icon berbeda untuk memudahkan pencarian

  • Theme bisa diubah hingga 5 pilihan berbeda

  • UI Aspen lumayan sulit untuk diterapkan karena menggabungkan fungsi pad dan touchscreen

Communication

Aspen bergerak menggunakan kartu GSM di jalur frekuensi jaringan quad-band. Selain mendukung komunikasi 2G, Aspen juga dibekali kemampuan 3G tapi sayangnya pada ponsel ini tidak ditemukan kamera kedua di bagian depan sehingga opsi video call pun terhapus. Selain komunikasi suara, sudah disediakan juga aplikasi chatting menggunakan Windows Live Messenger. Atau jika masih kurang bisa mengunduh aplikasi tambahan seperti Skype, Twitter dan Facebook dalam ponsel.

How To Make A Call :

  • Tekan tombol panggil berwarna hijau untuk menelpon dan tombol merah untuk menyudahi

  • Untuk panggilan kontak dari phonebook bisa menekan icon buku terlebih dahulu

  • Sementara daftar panggilan bisa dilihat dalam menu yang menggunakan icon panah. Perbedaan antara panggilan gagal, masuk dan keluar hanya dibedakan berdasar warna panah

  • Ketika masuk ke kontak telepon, diberikan opsi untuk menuliskan pesan langsung kepada kontak tujuan dibawah pilihan untuk menelpon

  • Anda juga bisa memasukan beberapa kontak menjadi nomor favorit sehingga lebih singkat akses untuk mencarinya

  • Akumulasi semua telepon keluar dan masuk serta durasinya akan tertulis jelas, Anda pun bisa meresetnya lewat opsi call timer™

Camera

Kualitas kamera yang dimiliki oleh Aspen sebenarnya sudah lumayan mumpuni karena dibekali lensa berkekuatan 3.2 Megapixel (resolusi 2048x 1536 pixels). Namun minimnya fitur dan pilihan untuk mengambil gambar menjadikan kualitas yang dihasilkan pun tidak maksimal. selain itu, ketiadaan autofocus dapat menyulitkan, apalagi objek atau kameranya tidak dalam posisi stabil. Sedikit bantuan dari fitur smart contrast otomatis untuk menangkap gambar objek cukup membantu dalam menghasilkan gambar yang baik.

  • Tombol volume menjadi mode zooming ketika fitur kamera diaktifkan

  • Rasio kontras bisa diatur dengan menekan tombol navigasi kearah samping kiri ataupun kanan

  • Menu Kamera berisikan fitur twilight mode, self timer serta GPS untuk membantu proses geo-tagging gambar

  • Ketika menekan tombol navigasi atas dan bawah maka mengganti mode kamera menjadi video recording dengan format mp4. Kemampuan rekam 15 fps.

Connectivity

Aspen termasuk pada generasi terakhir dari ponsel bersistem Windows Mobile, tidak heran fitur yang tertanam untuk konektivitas pun cukup lumayan. Selain microUSB dibagian samping yang juga sebagai port charging, Anda juga bisa menemukan bluetooth serta Wi-Fi sudah dijejalkan pada ponsel ini. Tidak ketinggalan dukungan terhadap Assisted-GPS. Sementara itu, kebutuhan untuk mengakses data jaringan bisa memanfaatkan kemampuan GPRS, EDGE, hingga HSDPA dan HSUPA. Dukungan share dari multimedia pun bisa langsung diaplikasikan salah satunya lewat email dan sms setelah mengambil foto.

How To Connect (WLAN Acces):

  • Masuk kedalam susunan list menu dan masuk ke setting™, kemudian connection™ lalu pilih WiFi™

  • Jika router hotspot belum terbaca maka pilih add new™ dan isikan kolom network name™ lalu setting connect to internet

  • Pilihan hidden work dan device connection bisa dilewatkan tak perlu ditandai

  • Router modem biasanya membutuhkan network key, isi dengan kode yang sesuai tekan next™ dan selanjutnya beri tanda x™ untuk acces control

  • Tekan finish. Kini Anda bisa browsing secara gratis di area hotspot

Multimedia

Sistem operasi Windows Mobile sebenarnya sudah masuk kotak dan ketinggalan jaman. Termasuk pada bentuk multimedia pada ponsel Aspen ini. Menggunakan tombol shurcut dibawah tombol panggil, akses multimedianya memang mudah meski tampilannya kaku. Anda bisa memilah bagian yang mau diakses karena berbentuk list yang terdiri dari music, radio, pictures, videos dan games. Dengan submenu pada masing-masing fitur multimedia, yang cukup repot diakses karena mesti menekan layar.

Multimedia Faq

  • Music Player

Tampilan music player pada ponsel Aspen kesan simpel didapat, tapi pada akhirnya Anda akan menemukan sebuah susunan yang tak efisien. Karena untuk melihat antara data musik, artis, judul album dan playlist, diperlukan sentuhan pada layar. Memang ini faktor kebiasaan, tapi tetap saja tidak efisien karena ponsel ini memiliki tombol qwerty lengkap yang seolah diabaikan vendor.

  • Google Maps

Fitur peta ini memang selalu bisa ditemukan pada ponsel pintar. Seandainya fungsi navigasi GPS sedang sulit diakes, tidak ada salahnya belajar melihat peta secara manual menggunakan bantuan Google Maps. Hampir seluruh jalan di kota besar sudah dipetakan, jadi makin mudah untuk mencari tujuan dan rutenya.

  • Radio FM

Seperti umumnya radio pada ponsel lain yang memerlukan pemasangan headseat sebagai antenanya, begitulah yang terjadi pada Aspen. <!– @page { margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>Pencarian stasiun radio bisa dilakukan secara otomatis dan kemudian disimpan pada urutan 6 channel yang bisa dilihat dibagian bawah aplikasi.

System

Sony Ericsson membenamkan kemampuan yang lumayan untuk dijalankan pada Aspen. Kinerja ponsel sendiri terangkat berkat adanya prosessor dari Qualcomm MSM7227 dengan kemampuan hingga 600 MHz. Sedangkan pembagian memori <!– @page { margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –> pada untuk dukungan sistem maupun penyimpanan ialah 256MB untuk RAM, 256MB ROM, dan 100MB storage internal. Penyimpanan masih bisa ditingkatkan lewat adanya slot microSD dengan daya tampung maksimal mencapai 16GB.

Sementara dalam menjalankan operasionalnya, Aspen sudah dibekali OS Windows Mobile Professional versi 6.5.3 dari Microsoft. Ini merupakan sistem operasi paling akhir dari generasi Windows Mobile sebelum akhirnya mengganti namanya menjadi Windows Phone 7 yang sangat berbeda. Sistem operasi ini menggabungkan dua kinerja lewat akses keypad dan touchscreen yang dibantu stylus.

Application

Microsoft telah lama memiliki toko aplikasi bernama MarketPlace dengan banyak varian aplikasi hasil pengembangan developer. Selain itu, Anda juga bisa menemukan aplikasi Google Maps dan A-GPS sebagai bantuan navigasi ketika hendak mencari suatu alamat. GPS juga bisa dipakai untuk geo-tagging hasil foto menggunakan kamera ponsel. Selain itu, ada Bing Maps yang berisikan informasi lokasi penting disekitar Anda. Misalnya SPBU, rumah sakit ataupun restoran dan hotel yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Windows Mobile juga menyertakan aplikasi bawaan standar seperti Windows Live Messenger, Windows Media, maupun Internet Explorer. Sedang untuk social network bisa ditemukan facebook sebagai bawaan dan masih bisa ditambahkan lagi dengan mengunduh launchernya semisal twitter dan Skype. Fitur kantor ini sudah melekat pada ponsel berbasis Windows seperti Aspen. Dan seperti halnya perangkat office, Anda akan menemukan Word Mobile, Onenote Mobile, Excel Mobile dan Powerpoint Mobile. Semuanya bisa langsung digunakan tanpa perlu membeli lisensi terlebih dulu.

{jcomments on}

Camcorder Setting

  • HD quality 720p resolution

  • Shoot 16:9 videos in HD

  • Settings untuk scene, video light, white balance, dan colour tone

Previous articleMenyaksikan dan Merekam 3D dengan Acer Revo 100
Next article3 Alasan Orang Memilih Android Dibanding BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here