SONY Ciptakan Baterai Dari Bahan Kertas

Jakarta – Masih ingat rumus kimia untuk menghasilkan arus listrik? Kali ini perusahaan asal Jepang telah berhasil membuat sumber daya listrik dari bahan kertas. Dengan nama program Sony’s Bio Battery yang dipamerkan di ajang Eco-Products 2011 di Tokyo, banyak pengunjung yang terpukau karena penemuan tersebut.

Seperti yang Telsetnews kutip dari Engadget, Senin (19/12), dijelaskan bahwa total daya listrik yang dihasilkan dari penemuan ini cukup lumayan. Kira-kira 18W/h atau setara dengan enam baterai AA. Dalam website resminya sendiri Sony menjelaskan bahwa tidak perlu kertas khusus untuk dijadikan sumber daya listrik.

Anda bisa mendapatkan dengan menggunakan kertas limbah dan koran bekas atau bahkan kardus yang  sudah tidak diperlukan lagi. Percobaan ini juga cocok untuk pengetahuan anak-anak, tulis Sony dalam keterangan resminya pada website.

Prinsip dari penemuan baterai kertas ini sederhana, yakni dengan memanfaatkan bahan kimia, selulosa yang akan menjadi katalisator. Alhasil, dari peragaan tersebut, beterai kertas mampu memutar kipas kecil. Belum diketahui apakah penemuan ini nantinya akan dikembangkan dan untuk baterai ponsel terbaru dari SONY. Jadi kita tunggu saja. (tsn/hz)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version