Sony akan Mundur dari Pasar Tablet?

Telset.id – Sebagai produsen ponsel, portofolio produk yang dimiliki Sony terbilang komplit. Mulai dari ponsel kelas low-end hingga smartphone premium, dan juga lini produk tablet. Namun kondisi yang semakin sulit dalam beberapa tahun terakhir telah memaksa Sony kabarnya akan menghentikan lini produksi tablet.

Sony telah meluncurkan sejumlah tablet buatannya sejak tahun 2013 lalu, yang diawali dengan merilis Xperia Tablet Z. Hasilnya pun cukup memuaskan, karena beberapa diantaranya termasuk dalam jajaran tablet terbaik di pasar.

Namun persaingan di pasar smartphone yang semakin ketat, membuat raksasa elektronik asal Jepang ini dispekulasikan akan mundur dari pasar tablet.

Spekulasi itu semakin kencang berhembus setelah munculnya sebuah postingan di blog manager store Sony Jepang yang mengatakan kemungkinan Sony dapat menarik diri dari pasar tablet setelah menerima saran dari marketing material.

Kabarnya unit bisnis tablet Sony hanya menyumbang 5% dari pendapatan Sony Mobile di tahun 2013 lalu. Diperkirakan angka tersebut cenderung akan semakin menurun dalam beberapa waktu ke depan.

Maka tak terlalu mengejutkan jika akhirnya beredar spekulasi yang menyebutkan Sony akan menghentikan seluruh produksi tablet mereka. Dengan biaya R&D dari pengembangan perangkat baru, Sony merasa produksi tablet untuk tahun 2016 mungkin tidak menjanjikan nilai komersial.

Kabar ini tentunya menjadi kabar yang kurang menyenangkan bagi para fans Sony. Masih cukup banyak penggemarnya yang mengharapkan Sony masih bisa bersaing dengan produk-produknya yang inovatif. Bagaimana menurut pendapat Anda? [HBS]

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI