Solusi Bisnis Intune dari Windows

JAKARTA – Semakin maraknya layanan berbasis cloud yang saat ini sedang gencar dipasarkan memberikan suatu tantangan baru tersendiri bagi kalangan bisnis di industri IT. Salah satu yang gencar mengkampanyekan layanan berbasis cloud adalah Microsoft. Perusahaan IT raksasa asal Amerika Serikat ini berencana akan merilis produk terbarunya dengan mengandalkan teknologi dari Windows Intune. Rencananya, Microsoft akan merilis ke pasaran pada 23 Maret 2011 mendatang.

Teknologi baru besutan Microsoft ini digadang-gadang bisa memberikan solusi bagi para pebisnis skala kecil yang tidak memiliki tenaga IT. Solusi dari Intune software ini sengaja dirancang untuk membantu pengelolaan bisnis dan keamanan sistem dengan memanfaatkan teknologi berbasis cloud. Menurut keterangan yang dikutip dari situs resmi Windows baru-baru ini, mulai April 2011 nanti Intune akan tersedia dalam versi beta. Dan bagi mereka yang ingin membayar ataupun hanya melakukan uji coba aplikasi selama 30 hari saja bisa langsung mencobanya.

Teknologi dari Microsoft yang berbasis cloud ini dapat membantu pengguna komputer untuk melakukan pemindahan administrasi sebagai cara menjaga komputer yang secara otomatis terkonfigurasi dan ter-update. Layanan ini pun memungkinkan pemilik bisnis dapat mempertahankan kebijakan keamanannya, memonitor komputer penggunanya untuk memastikan semua update informasi berjalan dengan baik dan benar. Serta juga menawarkan bantuan jarak jauh kepada para penggunanya.

Layanan ini pun tidak begitu terlalu menguras kocek pengguna, pihak Microsoft hanya akan mengenakan biaya sebesar 11 USD per komputer per bulannya. Oleh sebab itu, Windows Intune ini dianggap cocok diperuntukan bagi usaha skala kecil dan menengah yang tidak memiliki tenaga di bidang IT.

Dan untuk menerapkannya dalam bisnis, software Intune klien harus ter-install pada masing-masing komputer per individu. Software INTUNE ini juga dapat dioperasikan pada versi windows 32 bit dan 64 bit, termasuk Windows 7 Enterprise/Ultimate/Professional, Windows Vista Enterprise/Ultimate/Business, dan Windows XP Professional with Service Pack 2 ataupun 3.

Penginstallan software Intune dapat dilakukan pada user tingkat administrator untuk hak akses sepnuhnya. dan, pengguna juga tidak akan dikenakan biaya bila melakukan up-grade ke Windows 7 Enterprises, yang bertujuan untuk membantu pengguna yang ingin menstandarisasikan ke versi windows yang sama. [wn/ hbs]

Previous articleAll-in One Desktop SONY VPCL135FXl
Next articleCaroline Telkomsel Diganjar Predikat ’œExcellent’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here