Tahun 2019, 20% Smartphone Punya Layar yang Bisa Dilipat

Smartphone layar fleksibel

Telset.id, Jakarta – Saat smartphone Android atau iOS belum booming seperti sekarang, ponsel lipat atau clamshell merupakan ponsel yang banyak digandrungi, khususnya oleh anak muda. Tapi sekarang, ponsel clamshell seperti hilang ditelan bumi.

Pun demikian, beberapa kalangan industri meyakini bahwa tren ponsel clamshell akan kembali di tahun-tahun mendatang. Tapi tidak dengan bentuk yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ada yang berbeda dengan konsep ponsel clamshell masa depan. Jika dulu body ponsel-lah yang dilipat, namun nanti layar ponsel yang bisa dilipat alias fleksibel. Hal tersebut diungkapkan oleh perusahaan yang memang sedang “bermain” di teknologi ini yakni Kolon Industries.

Sekedar informasi, Kolon Industries merupakan perusahaan yang memproduksi Polymide yang merupakan bahan utama untuk membuat layar fleksibel untuk menggantikan layar yang kaku. Perusahaan tersebut memasok produknya ke perusahaan teknologi seperti Samsung dan LG.

[Baca Juga: Susul Galaxy S & Note, Galaxy A akan Punya Layar Melengkung]

Seperti Tim Telset.id lansir dari Phandroid, kemungkinan besar pada tahun 2018 nanti akan ada tiga sampai lima perusahaan teknologi yang mulai memproduksi secara massal perangkat atau smartphone layar fleksibel yang kemudian pada tahun 2019 mendatang, smartphone model tersebut akan menjadi tren dan bahkan akan meraih pangsa pasar sebesar 20%.

Memang teknologi layar yang fleksibel ini sebenarnya sudah memasuki tahap penjajakan, karena beberapa vendor smartphone seperti Samsung, LG, Xiaomi, Sony dan bahkan Apple sedang bersiap untuk mengganti layar yang awalnya LCD menjadi layar OLED. Hal itu dikarenakan layar OLED bisa dilenturkan atau fleksibel dan memungkinkan perusahaan tersebut untuk membuat smartphone berlayar lengkung hingga lipat.

[Baca Juga: Tahukah Anda, Handset Apa yang Pertama Kali Mengadopsi Layar 1080p?]

Jika kabar ini benar, mungkin nantinya kita akan kembali melihat ponsel lipat dengan teknologi canggih dan bisa dipastikan desain yang dipilih para vendor smartphone ini juga akan cocok digunakan oleh anak-anak muda. Semoga saja ya! (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here