Smartphone Bisa Mengubah Gaya Orang Berjalan

Telset.id, Jakarta – Berjalan sambil melihat smartphone kini sudah menjadi pemandangan umum di berbagai sudut kota. Padahal, kegiatan ini dapat menimbulkan bahaya terhadap diri mereka sendiri, bahkan bisa mengubah gaya orang berjalan.

Namun menurut sebuah studi yang dilakukan Anglia Ruskin University di Cambridge, Inggris menemukan sebuah gaya khusus yang membedakan antara orang yang berjalan orang normal dengan yang menggunakan smartphone saat berjalan.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah mereka melakukan penelitian terhadap beberapa subjek dengan menggunakan kamera pendeteksi mata dan sensor gerakan. Sembari berjalan, alat ini mendeteksi gerakan para subjek melewati rintangan sembari memainkan smartphone.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya gerakan khusus yang dilakukan, yakni mengangkat kaki mereka lebih tinggi dan lebih lambat saat melangkah. Gerakan ini diduga menjadi gerakan otomatis tubuh untuk meminimalisir bahaya, seperti tersandung dan lainnya.

“Pengguna smartphone cenderung melalui rintangan dengan berhati-hati ketika menghadapi obyek diam di tanah,” jelas pimipinan peneliti Dr. Matthew Timmis seperti dikutip dari laman CNET.

Selain itu, dalam penelitian ini juga mengungkapkan bahwa 61 persen pejalan kaki yang menggunakan smartphone memiliki kecenderungan kurang memperdulikan lingkungan sekitar.

“Kami menemukan bahwa menggunakan smartphone sambil berjalan membuat kita jarang, dan dalam waktu singkat, memperhatikan arah jalan yang dituju. Namun kita menyesuaikan perilaku penglihatan dan cara berjalan kita sehingga bisa melewati hambatan statis dengan cara yang aman,” lanjutnya.

Melihat hal tersebut, sebagian negara besar, seperti misalnya Belgia, Tiongkok, Thailand, dan Washington sudah mempersiapkan beberapa tindakan preventif. Contohnya adalah dengan menyediakan lampu lalu lintas khusus, dan menguji coba jalur khusus bagi pejalan kaki sembari menggunakan smartphone.

Jadi, jika lain kali Anda berjalan dan menemukan orang berjalan dengan ciri-ciri tersebut, sebaiknya menegur atau menghindar. Tentunya hal ini demi menciptakan keselamatan di jalan. [NC/HBS]

SourceCNET

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI